Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencoba Ayam Balado McDonald's dan Menu Khusus Agustus, Enak? 

Kompas.com - 14/08/2023, 17:08 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - McDonald's Indonesia kembali menjual menu Ini Rasa Kita yang terinspirasi dari makanan khas Nusantara, memeringati HUT RI yang jatuh pada 17 Agustus.

Tahun ini, menu Ini Rasa Kita McDonald's Indonesia terdiri dari Ayam McD Balado, Burger Balado, McShaker Fries Gulai Gurih, Soda Asam Jawa, dan McFlurry Es Kopyor. Bagaimana rasanya? 

Mulai dari Ayam McD Balado, pada dasarnya adalah ayam goreng tepung McDonald's yang disajikan dengan sambal balado terpisah. Jadi kamu bisa memilih ingin ayam goreng tepung biasa atau pedas khas McD. 

Beda dengan sajian ayam gulai McD yang diluncurkan sebelumnya, ayam dicelupkan langsung ke saus gulai.

Kali ini, McD memberi wadah sambal balado terpisah, sehingga terbilang aman bagi yang tidak bisa makan terlalu pedas. 

Baca juga:

Sambal balado ini layaknya sambal balado pada umumnya, terbuat dari cabai merah, campuran bawang, dan minyak dalam jumlah banyak. Tampilannya merah terang seperti sambal di restoran padang. 

Soal rasa, sambal ini terbilang pedas tetapi pedasnya masih dalam kadar yang dapat dinikmati tanpa perlu menangis atau membaut hidung meler. Paling penting, tidak ada rasa sintetis atau buatan dari sambal balado ini. 

Bagi saya, sambal balado ini lebih nikmat sebagai cocolan pendamping ayam goreng tepung ketimbang saus sambal yang biasa. Cita rasanya khas Indonesia. 

Selanjutnya yang menjadi rekomendasi adalah Soda Asam Jawa, dari tampilannya mirip warna teh tetapi antara rasa asam jawa, manis, dan nyelekit khas soda membuat cita rasa yang nikmat. Minuman ini benar-benar segar untuk hari yang panas. 

Masih ada McFlurry Es Kopyor, yaitu es krim McD yang diaduk dengan bubuk warna merah mudah dengan rasa kopyor. Kamu bisa memilih topping kelapa kering atau jelly untuk menikmati es krim ini. 

Burger balado dari Inilah Rasa Kita dari McDonald's. Kompas.com/Silvita Agmasari Burger balado dari Inilah Rasa Kita dari McDonald's.

Saya lebih memilih topping kelapa kering, daging kelapa yang ebrbentuk serpihan kering membuat tekstur garing saat menyantap es krim yang lumer. Rasa kopyornya juga mengingatkan pada es kopyor dengan sirup merah muda rasa frambozen.

Sementara Burger Balado rasanya seperti burger McD pada umumnya yang diolesi sambal balado dengan roti tangkup bewarna kuning cerah. Ada juga McShaker Fries Gulai Gurih, kentang goreng McD diaduk dengan bubuk gurih rasa gulai. 

Harga Ayam McD Balado dijual Rp 38.182 per paketnya. Sementara makanan pendamping lainnya dijual mulai dari Rp 12.273 sampai Rp 49.545. 

Baca juga:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com