Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Makanan Antipenuaan agar Kulit Bercahaya di Usia 40an

Kompas.com - 11/08/2023, 07:03 WIB
Nuril Laili Azizah

Penulis

KOMPAS.com - Penuaan dini ditunjukkan dengan kulit yang bermasalah seperti munculnya garis halus.

Mengatasi penuaan dini dapat diatasi dengan makan buah dan sayuran, adalah cara teraman dan tersehat untuk memerangi kulit kusam dan garis halus.

Simak makanan antipenuaan terbaik untuk umur 40an agar bercahaya dari dalam, dikutip dari laman Healthline, berikut selengkapnya.

Baca juga:

1. Selada air

Manfaat selada air sayuran berhijau merupakan sumber nutrisi yang baik, mengandung kalsium, kalium, mangan, fosfor, vitamin A, C, K, B1, dan B2.

Selada air bertindak sebagai antiseptik kulit internal dan meningkatkan sirkulasi serta pengiriman mineral ke seluruh sel tubuh, menghasilkan peningkatan oksigenasi kulit.

2. Paprika merah

Paprika merah sarat dengan antioksidan yang bagus dalam hal antipenuaan. Selain kandungan vitamin C yang tinggi untuk produksi kolagen.

Paprika merah mengandung antioksidan kuat, yaitu karotenoid merupakan pigmen tumbuhan memiliki sifat antiinflamasi, mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

3. Pepaya

Buah pepaya kaya akan berbagai antioksidan, vitamin, dan mineral yang membantu untuk meningkatkan elastisitas kulit dan meminimalkan munculnya gari-garis halus dan kerutan.

4. Blueberry

Buah bluberry kaya akan vitamin A dan C, serta antioksidan pencegahan penuaan yang disebut anthocyanin, ini yang memberikan warna biru pada blueberry.

Anthocyanin dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, stress, dan polusi dengan memoderasi respons peradangan dan mencegah hilangnya kolagen.

5. Brokoli

Brokoli merupakan pembangkit tenaga antiinflamasi dan antipenuaan yang dikemas dalam kandungan vitamin C, K, berbagai antioksidan, serat, folat, lutein, dan kalsium.

Tubuh membutuhkan vitamin C untuk produksi kolagen, protein utama pada kulit yang memberikan kekuatan dan elastisitas.

6. Bayam 

Sayur bayam mengandung vitamin A, C, E, dan K, magnesium, besi heme nabati, dan lutein yang membantu mengoksigenasi dan menghidrasi seluruh tubuh.

7. Kacang

Banyak kacang-kacangan terutama almond merupakan sumber vitamin E yang baik dapat membantu memperbaiki kulit, mempertahankan kelembapan kulit, dan melindungi kulut dari sinar UV,

Sementara kacang kenari memiliki asam lemak omega-3 anti inflamasi yang dapat membantu memperkuat membran sel kulit, melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari, dan berikan kulit cahaya indah dengan mempertahankan minyak alaminya.

8. Alpukat

Buah alpukat mengandung asam lemak pelawan peradangan yang membuat kulit halus dan kenyal. 

Alpukat juga mengandung vitamin A yang membantu melepaskan sel kulit mati, menjadikan kulit cantik bercahaya.

Karotenoid pada alpukat juga dapat memblokir racun dan kerusakan akibat sinar matahari dan melindungi dari kanker kulit.

9. Ubi jalar

Warna oranye pada ubi jalar berasal dari antioksidan yang disebut betakaroten yang diubah menjadi vitamin A.

Vitamin A tersebut pada ubi jalar dapat memulihkan elastisitas kulit, meningkatkan pergantian sel kulit, dan membuat kulit lembut dan awet muda.

10. Biji delima

Delima tinggi vitamin C, dan berbagai antioksidan kuat dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi tingkat peradangan dalam sistem tubuh.

Buah delima juga mengandung senyawa punicalagins yang bisa membantu menjaga kolagen kulit, memperlambat tanda-tanda penuaan.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com