Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari 5 Hal Ini agar Daun Teh Awet hingga 3 Tahun

Kompas.com - 24/07/2023, 16:01 WIB
Yuharrani Aisyah

Penulis

KOMPAS.com - Kamu gemar minum teh dan punya stok daun teh? Jangan lupa untuk menyimpan daun teh dengan cara yang benar agar lebih tahan lama.

Menurut The Spruce Eats, terdapat lima hal yang harus dihindari saat menyimpan daun teh yaitu cahaya, panas, kelembapan, bau, dan udara.

Mengapa kamu harus menghindari lima hal tersebut saat menyimpan daun teh?

Baca juga:

Teh tubruk mengeluarkan aroma dan rasa lebih sedap daripada teh celup.SHUTTERSTOCK/RBagusdiani Teh tubruk mengeluarkan aroma dan rasa lebih sedap daripada teh celup.

Cahaya dan panas menurunkan kualitas teh

Cahaya dan sinar UV menurunkan kualitas teh dengan sangat cepat. Hindari membeli teh dari penjual yang menyimpan teh dalam gelas bening atau wadah plastik.

Hindari pula menyimpan teh di tempat yang bening kecuali jika kamu berencana menyimpannya di lemari yang gelap.

Cuaca panas juga dapat menurunkan kualitas teh. Hindari meletakkannya di bawah sinar matahari atau di dekat sumber panas seperti kompor dan oven.

Baca juga:

Daun teh kering di Jakarta Tea Passport, Kemang, Jakarta Selatan.KOMPAS.com/YUHARRANI AISYAH Daun teh kering di Jakarta Tea Passport, Kemang, Jakarta Selatan.

Teh menyerap lembap dan bau dengan cepat

Kelembaban juga menyebabkan masalah. Kondisi teh stabil karena kering sehingga menyerap air dari udara dengan sangat mudah.

Teh menyerap bau dengan sangat mudah. Sifat ini memungkinkan terciptanya teh beraroma yang luar biasa. Hindari menyimpan teh di dekat lemari bumbu, tempat sampah, atau area berbau lainnya.

Paparan udara meningkatkan kemungkinan teh menyerap kelembapan dan bau.

Hindari meninggalkan teh, menyegel kemasan tanpa menekan udara berlebih, atau menyimpannya dalam bahan kemasan berpori, seperti kantong kertas.

Apabila kamu menghindari lima faktor tersebut, daun teh kering dapat bertahan satu hingga tiga tahun.

Baca juga:

Teh dapat bertahan sampai 3 tahun

Menurut All Recipes, sebenarnya daun teh tidak membusuk atau kedaluwarsa. Namun, kualitas dan rasanya akan menurun seiring waktu. 

Kamu masih bisa menyeduh teh tersebut tetapi coba tambahkan takaran agar aroma dan rasanya lebih kuat untuk menggantikan rasa yang hilang akibat disimpan terlalu lama.

@my.foodplace Bir Pletok adalah salah satu minuman kebanggaan masyarakat Betawi. Uniknya bir pletok tidak punya kandungan alkohol, loh, FoodLovers! Bir pletok justru bisa bikin hangat tubuh kita karena dibuat dari berbagai rempah. Simak resepnya berikut ini, ya! #birpletok #minuman #minumantradisional #minumanbetawi #minumanhangat #resepminuman #foodplace #foodplacemakkaget #foodlovers #khasbetawi #betawi #betawipride ? Ondel - Ondel - Reza Rahadian

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com