Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menilik Usaha Restoran Seafood di Kelapa Gading, Berawal dari Warung Kaki Lima

Kompas.com - 10/06/2023, 15:03 WIB
Diva Inggar Sabilillah,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Restoran Wiro Sableng Garden merupakan salah satu tempat makan seafood yang menjadi favorit banyak orang di daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Ternyata, Restoran Wiro Sableng Garden ini dulunya berupa tempat makan seafood kaki lima sebelum akhirnya bisa sebesar sekarang.

“Saya mulai buka usaha ini sejak 1995. Awalnya berjualan kaki lima, gerobakan. Baru awal 2000 saya pindah berjualan ke ruko, yang pertama itu Wiro Sableng 212. Kemudian saat pandemi 2020 buka Restoran Wiro Sableng Garden ini,” ujar Ikhsan, pemilik Resto Wiro Sableng Garden, saat ditemui Kompas.com, Kamis (08/06/2023). 

Ikhsan membagikan kisah awal mula membuka usaha seafood ini. Awalnya, dia belum paham bagaimana cara masak seafood

Akhirnya, Ikhsan dengan giat mempelajari semuanya sendiri, mulai dari beli buku masak sampai mencicipi seafood buatan pedagang lain. 

“Hari pertama buka, ada orang yang pesan kepiting saus tiram. Saya belum paham gimana cara masaknya. Saya cuma kasih saus tiram saja tanpa bumbu lain. Orang itu protes sama saya, hari itu juga langsung tutup dan saya pelajari cara masaknya setiap hari,” papar Ikhsan. 

Setelah paham bagaimana cara masak seafood, lanjut Ikhsan, dia langsung menciptakan semua resep seafood yang hingga saat ini menjadi favorit banyak orang. 

“Iya, semua menu yang ada disini resepnya kreasi saya sendiri,” katanya. 

Penamaan Wiro Sableng pada tempat makan seafood di Kelapa Gading ini dipilih Ikhsan karena dahulu dia sangat gemar membaca komik Wiro Sableng.

Baca juga:

Suasana makan di Resto Wiro Sableng GardenKOMPAS.com/Diva Inggar Sabilillah Suasana makan di Resto Wiro Sableng Garden

“Karakter Wiro Sableng itu adalah seorang ksatria baik hati yang suka menolong orang. Walaupun kondisi dia susah, tapi dia tanpa pamrih selalu menolong orang lain,” ujar Ikhsan. 

Desain interior Restoran Wiro Sableng Garden ini dibuat kontemporer modern dan instagramable. Selain nyaman, pengunjung juga dapat mengambil foto yang bagus untuk nantinya diunggah ke media sosial. 

Selain itu, restoran ini memiliki empat lantai dan dapat menampung hingga 1000 orang.

Terdapat fasilitas lengkap di sini, seperti ballroom, VIP Room, area makan outdoor, area makan indoor, area makan rooftop, dan musholla.

“Kami juga dapat menyewakan ballroom untuk kebutuhan acara besar seperti pernikahan,” kata Ikhsan. 

Restoran ini menyediakan live seafood yang mana kesegaran hidangan yang disajikan dapat terjamin. 

Tim Kompas.com berkesempatan untuk mencicipi aneka hidangan yang menjadi andalan Resto Wiro Sableng Garden, yaitu Kepiting Asap, Cumi Goreng Tepung, Udang Telur Asin, Kerang Bambu Saus Padang, Kerang Ijo Saus Padang, dan Ikan Bakar.

Baca juga:

Kepiting Asap, menu andalan di Resto Wiro Sableng GardenKOMPAS.com/Diva Inggar Sabilillah Kepiting Asap, menu andalan di Resto Wiro Sableng Garden

Kepiting Asap menjadi salah satu hidangan andalan di Restoran Wiro Sableng Garden. Bahkan, hidangan ini menjadi favoritnya Presiden Joko Widodo. 

Kepiting Asap dimasak dengan cara diasap dengan bungkusan daun pisang. Kepiting direbus terlebih dahulu sebelum diasap sehingga cangkangnya tidak terlalu keras dan dagingnya tidak menempel pada cangkang. 

Kepiting yang digunakan adalah kepiting jantan yang diambil dari perairan Sumatra.

Bumbu yang dipakai pun berani dan tidak tanggung-tanggung. Bumbu saus padang pada hidangan Kerang Bambu Saus Padang dan Kerang Ijo Saus Padang enak dan pedas nagih. 

Harga hidangan di Resto Wiro Sableng Garden mulai dari Rp 50.000-an. 

Jika kamu tertarik untuk mencicipi hidangan seafood yang enak dan segar di Restoran Wiro Sableng Garden, kamu dapat berkunjung Jalan Boulevard Raya Blok PA 19 Nomor 20-23, Kelapa Gading, Jakarta Utara. 

Restoran ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB-22.00 WIB.  

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com