Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Wajan Baja, Alat Masak Antibaret dan Tahan Seumur Hidup

Kompas.com - 11/05/2023, 17:05 WIB
Diva Inggar Sabilillah,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wajan cekung atau wok merupakan salah satu alat masak serbaguna yang bisa digunakan untuk menggoreng, menumis, merebus, dan memanggang.

Hampir setiap rumah orang Asia memiliki wajan di rumahnya. Bahan dasar pembuatan wajan berbeda-beda, salah satunya terbuat dari baja. 

Wajan yang terbuat dari baja memiliki keuntungan tersendiri dibandingkan dengan bahan lain. 

Bryant selaku pemilik Upscale Living yang menjual produk wajan baja mengatakan bahwa wajan baja memiliki keunggulan yang belum tentu dimiliki oleh wajan berbahan lain.

Ia mengatakan, wajan baja antibaret dan bisa tahan lama sampai seumur hidup. 

“Wajan baja ini terbuat dari 100 persen baja murni tanpa adanya lapisan. Mau pakai sudip yang stainless steel pun bukan suatu masalah. (Wajan baja) tidak bisa retak, baret, dan terkelupas,” ujar Bryant saat ditemui Kompas.com di acara Food + Beverage Indoesia, di JiExpo Kemayoran, Rabu (10/05/2023).

Baca juga:

Ilustrasi wajan baja karbon.SHUTTERSTOCK / Jaimieandkyleshootstock Ilustrasi wajan baja karbon.

Namun, saat masak dengan wajan baja, lanjut Bryant, tetap harus menggunakan minyak karena wajan baja berbeda dengan wajan yang memiliki lapisan antilengket. 

“Baja beda dengan lapisan teflon, kalau teflon kan tanpa minyak pun dia enggak bakal lengket. Wajan baja selama pakai minyak, walau sedikit tidak akan lengket,” ujarnya.

Tidak ada cara khusus untuk membersihkan wajan baja. Baik spons maupun kawat cuci piring, dapat digunakan untuk mencuci wajan baja.

Kamu juga bebas menggunakan sabun cuci piring untuk cuci wajan baja.

Bryant mengatakan, wajan baja terbilang lebih sehat karena terhindar dari lapisan bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh. 

Baca juga:

Wajan baja yang dijual Upscale Living tersedia mulai dari diameter 13 cm hingga 33 cm dengan harga mulai dari Rp 1,5 juta hingga Rp 4,5 juta. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com