Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi Kuliner Solo, Warung Ayam Penyet yang Riset Sambal 6 Bulan 

Kompas.com - 28/04/2023, 12:08 WIB
Silvita Agmasari

Editor

KOMPAS.com - Momen libur Lebaran di Solo, Jawa Tengah, tidak lengkap rasanya tanpa wisata kuliner. 

Salah satu rekomendasi tempat makan enak di Solo ada warung ayam penyet bernama Gila Penyet. 

Warung ayam penyet ini terkenal dengan cita rasa ayam goreng dan sambalnya yang beda dengan warung penyetan lain di Solo. 

"Kenapa harus penyetan karena gemes kalau makan penyetan kok enak di sambelnya tapi ayamnya kurang (enak), begitu sebaliknya," kata Yonangga pemilik Gila Penyet dikutip dari berita TribunSolo.com, Kamis (20/4/2023). 

Lulusan FKIP UNS ini akhirnya memutuskan untuk merintis usaha penyetan, selain itu ia pada dasarnya suka berjualan. 

Sebelum membuka warungnya, Yonangga meracik sambal yang pas agar nikmat disantap dengan ayam goreng. 

Baca juga:

"Kami sudah riset selama enam bulan, apalagi penyetan kan sudah banyak banget di Solo tapi di sini yang menjadi pembeda itu dari sambal,"ungkap Yonangga.

Ia menjelaskan perbedaan sambal Gila Penyet ada pada terasi. 

"Racikan sambalnya banyak, ada garam, gula, micin, kacang, cabai. Nah itu kalau dari semua rasa itu bisa menyatu akan menciptakan cita rasa yang sempurna baik asin, manis asem, gurih dan pedes," ungkapnya.

"Kacangnya sendiri menjadikan sambalnya bercita rasa gurih," papar Yonangga.

Selain itu, resep ayam goreng ungkepnya merupakan resep keluarga turun temurun. Ia sendiri lebih menonjolkan penyetan khas Surabaya untuk diboyong ke konsumen di Solo. 

Usaha riset rasa tersebut, membuat Yonangga berhasil. Awal berjualan ia mengaku sempat bangkrut, tetapi kini dapat menjual 150 porsi ayam penyet dalam waktu lima jam berjualan sehari. 

Satu porsi makanan di Gila Penyet mulai Rp 8.000 - Rp 18.000. Lokasi Gila Penyet di  Jalan Radh, tepatnya depan Pasar Kabangan. Warung ini buka dari pukul 18.00-23.00 WIB dari Senin sampai Sabtu. 

Baca juga:

Artikel ini telah tayang di TribunSolo.com dengan judul Kuliner Solo: Warung Ayam Penyet 'Gila Penyet', Pemilik Riset Sambal hingga 6 Bulan, https://solo.tribunnews.com/2023/04/20/kuliner-solo-warung-ayam-penyet-gila-penyet-pemilik-riset-sambal-hingga-6-bulan?page=all.

Penulis: Andreas Chris Febrianto | Editor: Ryantono Puji Santoso

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com