Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/03/2023, 12:13 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Selain digoreng tepung, cumi juga bisa diolah dengan cara ditumis bersama tentakelnya. 

Kamu bisa membuat cumi hitam ala warteg atau tempat makan olahan seafood favoritmu di rumah. Hanya saja, tak banyak orang yang bisa membuat cumi hitam yang empuk dengan tentakel hitam pekat. 

Dihubungi oleh Kompas.com pada Selasa (07/03/2023), Pak Kris pemilik usaha Nasi Cumi Madura Pak Kris di Malang dan Jakarta ini menjelaskan tips membuat cumi hitam yang enak berikut ini. 

Baca juga:

1. Pilih jenis cumi yang tepat 

Menurut Pak Kris, jenis cumi yang enak untuk diolah menjadi aneka masakan terutama menu cumi hitam adalah cumi Loligo SP yang bisa ditemui di perairan utara Jawa Tengah. 

"Dari saya, kalau ingin membuat aneka olahan cumi yang enak tidak alot dan tintanya itu pekat bisa pilih jenis cumi dengan nama latin Loligo SP. Saya pakai itu dan sejauh ini enak dan mudah pengolahannya." ungkap Pak Kris. 

Resep nasi goreng cumi hitamAriyani Tedjo / shutterstock Resep nasi goreng cumi hitam

2. Gunakan cumi yang masih segar 

Selain pada pemilihannya, pilih juga cumi yang masih dalam keadaan segar. Pak Kris menyarankan untuk menggunakan cumi segar yang belum tersentuh es batu. 

"Jadi, ada beberapa orang atau warung makan yang terkadang hasil olahan cumi hitamnya itu, tentakelnya bukan hitam pekat tapi abu-abu. Nah itu bisa jadi karena cuminya sempat disimpan atau tersentuh es batu." jelasnya.

Penggunaan cumi yang masih segar juga akan memengaruhi cita rasa hidangan menjadi lebih enak. 

Ilustrasi Cumi hitamNursaadah / shutterstock Ilustrasi Cumi hitam

3. Gunakan rempah 

Pada pembuatan bumbu cumi hitam, gunakan rempah atau bumbu aromatik seperti jahe, bawang putih, daun jeruk, dan irisan cabai. Bumbu tersebut bisa menghadirkan aroma gurih nan menggugah selera pada hidangan. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com