Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara Membuat Bandeng Presto dengan Sambal Tomat

Kompas.com - 17/12/2022, 07:05 WIB
Nuril Laili Azizah

Penulis

Sumber iPusnas

KOMPAS.com - Bandeng presto merupakan olahan ikan yang bisa dijadikan stok lauk untuk makan siang.

Cara membuat bandeng presto mudah, dapat dicoba di rumah dengan sambal tomatnya.

Cara membuat bandeng presto dimulai dari membumbui ikan dan marinasi selama sekitar satu jam, agar bumbu meresap dalam daging ikan.

Simak cara membuat bandeng presto berikut ini, dikutip dari buku "Petunjuk Praktis Membuat Bandeng Presto" (2016) karya Neni Suhaeni terbitan Penerbit Nuansa Cendekia.

Baca juga: Resep Bandeng Presto Goreng, Renyah dengan Balutan Telur dan Tepung

1. Membumbui ikan

Sebelum ikan dibumbui, kumpulkan ikan yang telah bersih dalam panci yang berisi larutan garam 3 persen, artinya 60 gram garam dilarutkan dengan dua liter air.

Rendam ikan bandeng selama 20 menit. Setelah itu lumuri ikan dengan adonan bumbu yang telah disiapkan secara merata. Biarkan selama satu jam agar bumbu benar-benar meresap.

2.  Menyiapkan pressure cooker

Siapkan panci pressure cooker, pastikan sarang pelapis dasar pressure cooker dalam kondisi bersih. Alat ini sebagai pemisah, supaya ikan tidak lengket pada dasar panci.

Kapasitas pressure cooker tergantung jumlah dan ukuran bahan, contohnya seperti panci berkapasitas enam liter mampu menampung lima kilogram ikan bandeng yang telah dibumbui.

3. Membungkus ikan

Setelah itu bungkus ikan bandeng dengan daun pisang atau alumunium foil atau bisa juga plastik. Pastikan pembungkus rapi agar bandeng tidak hancur ketika diangkat.

Susun ikan bandeng secara selang-seling, berlawanan antara ekor dan kepala. Jika ada sisa bumbu sebaiknya dituangkan ke dalam panci agar wanginya lebih kuat.

4. Merebus ikan

Tutup rapat pressure cooker yang telah berisi ikan bandeng, lalu panaskan sampai mendidih.

Setelah dipanaskan beberapa saat, air akan mendidih tetapi uap tidak dapat keluar kerena tertahan oleh tutup yang sangat rapat, sehingga meningkatkan tekanan di dalam alat pressure cooker.

Baca juga: Resep Bandeng Presto Tulang Lunak, Lauk Praktis Cuma 4 Langkah

5. Mendinginkan ikan

Setelah bel (sirine) pressure cooker berbunyi, pemanasan masih dilanjutkan selama 60 menit. Setelah itu, angkat pressure cooker dari atas kompor dan dinginkan selama 15 menit atau lebih. 

Selama proses pendinginan, jangan membuka tutup pressure cooker, karena hal ini dapat berbahaya, sebab tekanannya masih aktif.

6. Meniriskan ikan

Setelah didinginkan selama 15 menit, suhu dalam pressure cooker akan menurun. Buka tutup panci secara perlahan. Ikan bandeng yang masih hangat diangkat satu per satu.

Bandeng presto yang telah matang harus diperlakukan secara hati-hati supaya utuh, jika untuk dijual. Diamkan selama 30 menit. 

Supaya ikan bandeng tidak patah, sebaiknya pembungkus dibuka saat benar-benar dingin sebelum digoreng.

7. Menyimpan ikan

Setelah proses pengolahan ikan bandeng presto selesai, dapat disimpan dalam lemari es. Bandeng presto dapat digoreng dalam minyak panas dengan dilumuri telur kocok.

Setelah itu, bisa disimpan dalam lemari es, bertahan sampai satu bulan atau pada suhu ruang selama tiga sampai empat hari.

8. Membuat sambal tomat

Siapkan bahan-bahan sambal tomat seperti cabai merah, bawang merah, bawang putih, dan tomat, garam, dan gula pasir, kemudian uleg atau blender hingga lumat.

Goreng sambal tomat yang telah dihaluskan sampai matang dan harum. Bandeng presto dapat disajikan dengan sambal tomat serta lalapan.

Buku "Petunjuk Praktis Membuat Bandeng Presto" (2016) karya Neni Suhaeni terbitan Penerbit Nuansa Cendekia.

Baca juga: Resep Bandeng Presto Tulang Lunak Bumbu Kuning buat Jualan

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com