Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencoba Makan di Angkringan yang Penjualnya Diundang ke Pernikahan Kaesang dan Erina

Kompas.com - 11/12/2022, 09:49 WIB
Yuharrani Aisyah

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Tamu resepsi pernikahan Kaesang dan Erina di Pura Mangkunegaran bukan cuma dari kalangan pejabat melainkan juga warga Solo.

Salah satu warga Solo yang diundang adalah Joko Riyanto, penjual Hidangan Istimewa Kampung (HIK) atau angkringan yang lokasinya di seberang Graha Saba Buana, gedung milik keluarga Jokowi.

Baca juga:

Melansir berita Kompas.com yang tayang pada Rabu (7/12/2022), Joko Riyanto yang akrab disapa Jack sebelumnya juga diundang ke pernikahan Gibran Rakabuming Raka dan Kahiyang Ayu.

Jack mengaku sudah mengenal Jokowi sebelum menjadi wali kota Solo. Ia juga pernah berbincang dengan Jokowi.

Walau Jokowi belum pernah mampir ke angkringannya, Jack menyampaikan bahwa ia kerap diminta mengantarkan makanan dan minuman ke Graha Saba Buana.

Saya penasaran ingin mencoba makan di angkringan milik Jack. Lokasinya di seberang Graha Saba Buana, tepatnya di pojokan gapura bertuliskan Jl. Pleret Raya di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo.

Saya datang ke angkringan tersebut pada Jumat (9/12/2022). Angkringan tersebut cukup mudah ditemukan karena terdapat dua spanduk kain bertuliskan Angkringane Shi Jekh dan Wedangan Pak Joko.

Gorengan dan es teh di angkringan seberang Graba Saba Buana Solo.KOMPAS.com/YUHARRANI AISYAH Gorengan dan es teh di angkringan seberang Graba Saba Buana Solo.

Tiba di sana, terdapat satu gerobak tempat menjajakan makanan khas angkringan seperti gorengan dan kue. Di depannya, terdapat kursi kayu panjang.

Terdapat pula meja dan kursi kayu panjang di samping gerobak yang kala itu dipenuhi oleh polisi dan tentara. Pasalnya, saya datang ke sana setelah acara siraman di rumah Jokowi.

Di atas gerobak angkringan juga tersedia nasi dan sayur tetapi saya lebih memilih camilan yang cukup mengenyangkan.

Saya pun langsung mengambil tahu bacem, pisang goreng, dan tahu bakso. Tidak lupa, saya memesan segelas es teh angkringan khas Solo yang harum dan manis.

Harga tahu bacem dan gorengan Rp 2.000, sedangkan es teh Rp 3.000.

Tahu bacem mengawali makan siang kali ini. Seperti tahu bacem pada umumnya, teksturnya padat dan rasanya cukup manis. Selanjutnya, saya menyantap tahu bakso dengan cabai hijau lalap.

Baca juga:

Teko besi berisi minuman di HIK atau angkringan.KOMPAS.com/YUHARRANI AISYAH Teko besi berisi minuman di HIK atau angkringan.

Sesudah menyantap makanan gurih, terasa lengkap ditutup dengan pisang goreng. Tekstur pisang goreng padat dan porsinya tidak terlalu kecil, rasa manisnya pun pas.

Makan siang ini saya tutup dengan menyeruput segarnya es teh khas angkringan, sangat cocok diminum di tengah cuaca Solo yang cukup panas.

Selain makanan yang saya santap, angkringan Pak Joko juga menjual nasi oseng-oseng atau nasi sayur, nasi ayam, mi rebus, dan mi goreng.

Sementara minuman yang tersedia pun beragam seperti jahe gepuk, kopi, dan sejumlah minuman saset.

@my.foodplace FoodLovers pengen makan menu angkringan tapi mager kemana-mana? Cobain resep menu angkringan ala FoodPlace, yuk! Ada bakwan jagung, sate telur puyuh dan ati, sama teh angkringan yang mudah dibuat di rumah. Ini bisa jadi ide jualan juga, lhoo!#angkringan #menuangkringan #bakwan #bakwanjagung #satepuyuh #tehangkringan #teh #resep #makanan #resepmakanan #kuliner #foodplace #foodplacemakkaget #foodlovers ? Dj Trap Gamelan Jawa | Mistis - JavaBoy 94

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com