Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Jenggala, Perusahaan Lokal Bali Pembuat Piring KTT G20

Kompas.com - 24/11/2022, 15:34 WIB
Krisda Tiofani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berawal dari kebutuhan bisnis pribadi, Jenggala sukses menjadi pionir perusahaan peralatan makan keramik di Bali.

Tidak tanggung-tanggung, namanya juga sudah dikenal luas di Jepang dan berhasil mengekspor piring keramik ke banyak negara lainnya.

"Jadi kalau dibilang we are one of the first, ya kami yang pertama sebenarnya untuk industri keramik dan sangat konsisten. Komitmen bahwa kami memang by design menggunakan the art, culture, and nature Indonesia sebagai inspirasi," jelas Direktur Jenggala Aviadi Purnomo.

Jenggala mulai dirancang pada 1960-an. Awalnya, dua pendiri perusahaan ini, Wija Waworuntu dan Brent Hesselyn, mencoba membuat piring keramik sendiri.

Hotel bernama Tandjung Sari dan restoran di dalamnya, menjadi alasan kedua perancang tersebut berkolaborasi menciptakan piring keramik terbaik.

Industri rumahan Jenggala pada 1980-an. DOK. Jenggala Industri rumahan Jenggala pada 1980-an.

Sebab, saat itu hotel milik Wija membutuhkan peralatan makan sebagai alat saji hidangan di restorannya untuk menggantikan piring yang sudah pecah atau hilang.

Percobaan membuat piring keramik pun segera dilakukan. Keduanya mulai memanfaatkan oven roti di hotel sebagai alat pembakaran.

"Meskipun secara suhu kan gak bisa, tetapi secara bentuk sudah kelihatan. Akhirnya berawal dari situ mereka membuat piring sendiri dan dikategorikan stoneware," kata Avi saat dihubungi Kompas.com pada Selasa (22/11/2022).

Jenggala akhirnya secara resmi berdiri pada 1976 sebagai industri rumahan di Sanur, Bali dan kini dipimpin Ade Waworuntu sebagai presiden direktur.

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com