Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Cara Cuci Alat Masak Silikon agar Tidak Muncul Bercak Putih

Kompas.com - 20/09/2022, 11:04 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Peralatan memasak berbahan silikon kerap dipilih sebagian orang karena bersifat anti lengket, anti gores, dan lebih ringan saat digunakan.

Namun, setelah alat masak silikon dipakai dalam jangka waktu tertentu, tak jarang menimbulkan bercak putih di permukaannya. 

Dikutip dari The Kitchn,  bercak putih yang muncul di permukaan peralatan memasak berbahan silikon seperti spatula, sendok, atau alat pemanggang tidak hanya mengganggu dari segi tampilan melainkan juga dari segi fungsional.

Bercak putih tersebut dapat mengganggu sifat antilengket dari peralatan silikon. Bahkan meskipun sudah dicuci menggunakan air, bercak putih tersebut masih akan tetap muncul.

Kamu perlu mencuci alat masak berbahan silikon dengan air yang mengandung hidrogen peroksida seperti soda kue agar bersih dari bercak putih.

Soda kue tidak hanya dapat membantu membersihkan bercak putih melainkan juga menghilangkan noda membandel yang masih menempel di alat masak.

Ketahui cara membersihkan alat masak berbahan silikon yang benar dikutip dari The Spruce dan The Kitchn berikut.

Baca juga:

Cuci alat masak silikon pakai rendaman sabun

Ilustrasi membersihkan alat masak silikon menggunakan rendaman sabun.Dok. The Spruce Eats Ilustrasi membersihkan alat masak silikon menggunakan rendaman sabun.

Siapkan ember berisi air mendidih lalu masukkan satu sendok  teh sabun pencuci piring yang mengandung degreaser (bahan kimia yang mudah mengangkat lemak). 

Setelah itu cuci alat masak silikon menggunakan tangan di dalam bak agar memastikan semua sisi alat peralatan silikon bersih merata.

Perlu diingat, air yang digunakan masih dalam keadaan sangat panas. Oleh karena itu sebaiknya gunakan sarung tangan karet pencuci piring saat membersihkannya. 

Setelah dirasa sabun menyebar ke seluruh permukaan alat masak, diamkan hingga sabun meresap selama minimal 30 menit.

Apabila air rendaman dingin, ganti air dengan air mendidih. Setelah itu masukkan beberapa tetes cairan pencuci piring dan gosok alat masak menggunakan spons lembut.

Sebaiknya jangan menggunakan sabut gosok plastik pada silikon. Pembersih yang bersifat abrasif berpotensi akan merusak permukaan dan merusak kualitas antilengket alat masak.

Setelah dirasa cukup bersih, bilas alat masak silikon menggunakan air panas lalu keringkan menggunakan kain mikrofiber.

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com