Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mudah Pilih Buah Bit, Bekal Bikin Jus Sehat

Kompas.com - 07/09/2022, 11:07 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Buah bit bisa digunakan untuk menu olahan apa saja. Dari kue hingga minuman seperti jus yang menyegarkan.

Dilansir dari laman The Healthline, salah satu manfaat baik dari buah bit adalah punya kandungan vitamin dan mineral yang tinggi sehingga bisa menjadi sumber nutrisi bagi tubuh. 

Kalau kamu berencana untuk membuat olahan dari buah bit, coba simak cara pilihnya yang mudah agar kamu mendapatkan yang tepat dan sesuai selera. 

Baca juga:

1. Pilih yang ada daunnya

Buah bit yang ada daun hijau di atasnya menandakan kalau masih segar. Namun pastikan daunnya tidak layu, karena kalau layu bisa jadi buah bit mulai kehilangan kesegarannya.

2. Pilih kulitnya yang kencang dan tidak ada cacat

Hindari memilih buah bit dengan kulit yang sudah tidak lagi kencang. Lihat juga, apakah kulitnya ada cacat atau tidak. Jika ada cacat sebaiknya tidak dipilih.

Ilustrasi buah bit. PIXABAY/ALEXEY HULSOV Ilustrasi buah bit.

3. Tekan-tekan buah bit

Cara memilih buah bit yang selanjutnya adalah dengan memilih buah bit ukuran kecil dan tekan perlahan. Pilih yang empuk karena hasilnya lebih manis ketika diolah.

4. Perhatikan buah bit yang ada akarnya

Jika buah bit di pasar atau supermarket yang kamu temui masih memiliki akar. Kamu bisa langsung memilihnya karena itu menandakan buah bit masih segar dan enak, jika diolah.

5. Pilih dari jenisnya

Ada banyak jenis buah bit, kamu bisa memilih buah bit emas yang punya rasa sedikit manis. Selain itu, buah bit eman punya bau tanah yang tidak cukup kuat.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com