Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Membuat Rice Bowl Enak untuk Ide Jualan di Rumah

Kompas.com - 15/07/2022, 11:11 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Sekarang ini, ada banyak kafe yang menjual rice bowl sebagai hidangan mengenyangkannya. Umumnya, rice bowl dihidangkan dengan nasi hangat dalam mangkuk saji dan lauk makan segala bahan. 

Ada sapi lada hitam, tempura, hingga ayam teriyaki. Kalau kamu sedang ingin membuka suatu usaha, bisa dimulai dengan menjual menu rice bowl

Berikut, tips menyajikan rice bowl enak dan menarik yang bisa kamu ikuti. 

Baca juga:

1. Gunakan nasi pulen 

Dilansir dari buku "Resep Rice Bowl ala Cafe" (2013) oleh Ide Masak terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. Gunakan nasi putih yang pulen atau buat sedikit lunak agar butiran nasinya saling menyatu. 

Selain nasi putih, kamu juga bisa menggunakan nasi merah atau nasi jeruk yang wangi. 

2. Gunakan berbagai jenis bahan untuk lauk 

Umumnya, lauk makanan pada rice bowl adalah sapi lada hitam, ayam teriyaki, atau tempura. Namun, kamu bisa menambahkan aneka tumisan sayur agar hidangan lebih bergizi. 

3. Gunakan bahan aromatik 

Ada cara membuat rice bowl agar lebih enak dan menarik yaitu dengan menambahkan bahan aromatik seperti irisan seledri atau nori. Kamu bisa menambahkannya pada nasi atau di atas topping

Ilustrasi rice bowl sapi lada hitam untuk menu bekal siang di kantor.DOK.SHUTTERSTOCK/Gayane Ilustrasi rice bowl sapi lada hitam untuk menu bekal siang di kantor.

4. Masak cepat 

Dalam buku tersebut menyarankan untuk masak cepat semua bahan makanan agar kesegarannya tetap terjaga dan rasanya tidak berubah. Setelah masak langsung sajikan di atas mangkuk saji. 

5. Gunakan beras aromatik 

Ditambahkan dari buku "Seri Quick Cooking: Rice Bowl" (2018) oleh Albertin Hoesni terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, gunakan jenis beras aromatik seperti jasmine atau basmati. Keduanya punya aroma beras yang khas serta rasa yang lembut dan nasinya berbutir panjang. 

Buku "Resep Rice Bowl ala Cafe" (2013) oleh Ide Masak terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

Buku "Seri Quick Cooking: Rice Bowl" (2018) oleh Albertin Hoesni terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com