Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Restoran Bertema Sayur Buka di Pondok Indah Mall 2, Sasar Keluarga

Kompas.com - 13/07/2022, 13:36 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Restoran khusus olahan sayur segar Enatura (Enak dan Natural) baru saja buka di Pondok Indah Mall 2, lantai 3, Jakarta Selatan.

Sesuai dengan namanya, restoran ini hadir dengan mengusung konsep From Farm to Table, yang bermakna setiap sayur yang disajikan di Enatura langsung dipetik dan didatangkan dari kebun Enatura.

"Makanan yang disajikan di Enatura tidak menggunakan tambahan MSG, pengawet, dan penguat rasa. Setiap makanan yang disajikan di sini juga mengandung porsi sayur lebih dominan," kata Founder Enatura Sarah Hutauruk saat acara media gathering di gerai Enatura Pondok Indah Mall 2 pada Selasa (12/7/2022). 

Baca juga:

Konsep mengonsumsi pangan alami atau real food yang diusung di Enatura dikatakan Sarah sebagai bentuk realisasi dari penerapan gaya hidup sehat.

Menurutnya gaya hidup sehat dapat dimulai dari mengonsumsi makanan sehat, bergizi, dan berasal dari makanan alami yang tetap terjaga kesegarannya.

Sarah menghadirkan berbagai menu sayuran yang variatif dan menarik, sehingga dapat menyuguhkan pengalaman mengonsumsi sayur yang lebih menyenangkan.

Tidak hanya sayur, Enatura juga menyajikan aneka protein nabati dan hewani sebagai pelengkap nutrisi pada seporsi makanan. 

"Pandangan orang-orang saat ini pada pola hidup sehat yakni lebih fokus pada apa yang tidak bisa dimakan, sehingga terkesan menakutkan. Menurut saya ini tidak boleh dibawa stres," katanya.

Lebih lanjut Sarah mengatakan bahwa ada empat filosofi yang dipegang teguh oleh Enatura dalam menjalankan usaha.

Pertama yaitu produk yang dibudidayakan selaras dengan alam tanpa penambahan bahan kimia berbahaya. Kedua yaitu memastikan kualitas produk baik dan sesuai dengan standar yang berlaku.

Ketiga yaitu mendukung produk lokal, selain mendapatkan bahan alami, ini juga menjadi salah satu bentuk dukungan untuk petani lokal di Indonesia. Serta yang keempat yaitu mendukung gerakan hidup sehat dengan pangan alami.

"Memastikan sumber pangan dan menyajikannya dengan kualitas yang baik pada konsumen, kami berharap dapat membantu masyarakat yang ingin memulai atau mempertahankan gaya hidup sehat menjadi lebih mudah," katanya.

Baca juga: Kenapa Pola Makan Vegan Makin Populer di Indonesia?

Datangkan sayur dari kebun

Restoran Enatura di Pondok Indah Mall 2.DOK. KOMPAS.COM/ SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Restoran Enatura di Pondok Indah Mall 2.

Manager Operasional dan Farm Enatura Disyacitta Nariswati mengatakan bahwa sayuran yang ditanam dan dipanen di kebun Enatura dirawat tanpa tambahan pestisida. 

Kebun Enaturan berlokasi di Desa Ciburuy, Bogor, Jawa Barat. Kebun ini merupakan usah awal dari Enatura yang berdiri sejak 2018, sebelum restoran Enatura terbentuk pada 2021.

"Sayuran yang sampai di kitchen (Jakarta) sebelumnya sudah disortir dulu di kebun, setelah itu akan dicuci bersih dan disimpan di kulkas supaya tetap segar," kata Disyacitta saat ditemui oleh Kompas.com di gerai Enatura Pondok Indah Mall 2 pada Selasa (12/7/2022).

Disyacitta juga mengatakan sayuran yang ada di kebun Enatura biasanya dipanen setiap dua minggu sekali dan dikirimkan ke Jakarta untuk diproses. 

Baca juga: 4 Beda Vegan dan Vegetarian, dari Asal Kata hingga Hari Peringatan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com