Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/04/2022, 19:03 WIB
Krisda Tiofani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Cita rasa manis kue putri salju bukan hanya berasal dari adonan kukisnya, melainkan baluran gula bubuknya juga.

Membalur gula bubuk pada kue putri salju bisa dibilang gampang-gampang susah. Kamu harus memahami tekstur kukis dan gula agar bisa menempel sempurna.

Pasalnya, salah membalur kue putri salju bisa membuat gula tidak menempel sempurna sehingga tampilan kukisnya kurang menarik.

Kamu bisa menyimak tiga cara membalur gula pada kue putri salju agar irit dan menempel sempurna, seperti berikut ini.

Baca juga:

1. Pakai gula donat, bukan gula halus

Dibandingkan dengan gula halus, gula donat lebih tepat dijadikan baluran kue putri salju. SHUTTERSTOCK/Brent Hofacker Dibandingkan dengan gula halus, gula donat lebih tepat dijadikan baluran kue putri salju.

Hati-hati saat memilih jenis gula untuk baluran kue putri salju. Chef de Partie Pastry & Bakery The Jayakarta Bandung Lucky Nugraha menyarankan untuk memakai gula donat, bukan gula halus.

"Kalau pakai gula donat, si gula gak akan mencair, beda kalau kita pakai icing sugar. Icing sugar hanya dipakai dalam adonan yang dicampur, bukan buat topping atau coating-nya," kata Lucky.

"Kalau gula halus itu cuma gula saja, kalau gula donat sudah ada campuran bahannya, kayak tambahan vanili," ujar Sous Chef Pastry Four Points by Sheraton Makassar Roni Rahman.

Baca juga: 4 Cara Membuat Kue Putri Salju Tidak Rapuh, Tambah Maizena

2. Balur selagi hangat

Jangan tunggu kue putri salju dingin. Kamu bisa membalurkan gula donat saat kukis masih dalam keadaan hangat.

"Jadi selagi masih hangat harus dibalur biar menempelnya sempurna. Kalau dingin dia kayak belang gitu, ada yang menempel dan tidak," ujar Roni.

"Kalau sudah dingin dan dibalur berkali-kali pun tidak akan menempel sempurna," tambahnya saat dihubungi Kompas.com, Rabu (20/4/2022).

Baca juga: Resep Putri Salju Wijen Gula Palem, Kreasi Kue Kering Klasik 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com