Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Kemas dan Kirim Katering MPASI agar Nutrisinya Terjaga

Kompas.com - 26/10/2021, 19:03 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Layanan katering MPASI dapat menjadi solusi buatmu yang tak punya waktu memasak. Salah satu yang bisa menjadi pilihan yakni Grouu. 

Grouu melayani pengiriman ke Jabodetabek dan Bandung. Ada pula beberapa produk tertentu yang bisa dikirimkan ke kota besar, seperti Yogyakarta. 

Cara mengemas MPASI tentu tidak sama dengan makanan dewasa. Pasalnya, makanan bayi membutuhkan perlakukan khusus supaya nutrisinya terjaga. 

Baca juga:

Jessica Marthin, CEO serta Co-Founder Grouu membagikan cara mengemas dan mengirim produk katering MPASI yang tepat dan aman. Berikut ulasannya. 

Ilustrasi menu MPASI dari Grouu. INSTAGRAM/ Grouu Ilustrasi menu MPASI dari Grouu.

1. Kirim dalam kondisi dingin

Pengemasan MPASI dari Grouu menggunakan jar kaca. Berbeda dengan makanan orang dewasa, produk MPASI ini dikirim dalam kondisi dingin. 

"Di sini makanan kita kirimkan suhunya dingin. Nah ini juga bedanya dengan makanan orang dewasa," tutur Jessica kepada Kompas.com, Kamis (21/10/2021)

Baca juga:

Menurut Jessica pengiriman makanan dengan suhu ruang berpotensi membuat bakteri berkembang dengan cepat. Untuk itu, produk dari Grouu dikirim dalam kondisi dingin karena mengutamakan keamanan makananya. 

"Sebetulnya makanan dengan suhu ruangan itu sebetulnya berbahaya, karena di suhu tersebutlah bakteri berkembang biak dengan cepat. Jadi kita mengirimkan makanan dalam suhu dingin itu karena alasan food safety itu," tambahnya.

2. Menggunakan tas insulasi dan gel

Guna menjaga kualitas dan nutrisinya, produk MPASI juga perlu dikemas menggunakan tas insulin dengan tambahan gel. 

"Jadi kita mengirimkan makanan dalam kondisi dingin, pastinya dengan tas insulasi juga yang juga ditambah dengan gel," ujar Jessica.

Ilustrasi menu MPASI dari Grouu. INSTAGRAM/ Grouu Ilustrasi menu MPASI dari Grouu.

3. Waktu pengiriman

Mengingat bahwa produk MPASI adalah basah, maka waktu pengiriman pun harus benar-benar diperhatikan.

Jessica menyebut bahwa Grouu cukup ketat perihal waktu pengiriman. Hal ini juga yang membuatnya belum berani mengirimkan produk ke tempat yang jaraknya cukup jauh.

"Dan, kita strict dengan waktu perjalanan. Jadi hanya boleh dua sampai, ya berarti dua jam sampai. Kalau lebih dari itu, misalnya lagi hujan dan ada keterlambatan, kita akan kirimkan produk baru," jelas Jessica. 

Baca juga:

Hal ini ia lakukan untuk menjaga kualitas dan nutrisinya. Pasalnya, produk ini disajikan untuk anak-anak.

"Karena lebih dari itu bukan rusak, tapi risikonya lebih meninggi dan kita tidak mau mengambil risiko itu," ujarnya.

Jessica menambahkan bahwa di Grouu sendiri mengirimannya menggunakan jasa ekspedisi khusus, sehingga akan terjamin keamanannya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com