Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/07/2021, 22:02 WIB
Krisda Tiofani,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tidak semua hidangan baik bagi tubuh. Beberapa bahan makanan atau makanan yang cukup populer di dunia justru tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Penyebabnya beragam, mulai dari teknik pengolahan bahan makanan, kandungan dalam makanan, hingga jenis bahan makanan yang memang tidak sehat.

Sebelum menyantap aneka sajian yang terasa lezat di mulut, sebaiknya perhatikan 15 makanan yang tidak baik bagi tubuh menurut Eat This, Not That! dan Healthline berikut ini.

Baca juga: 17 Makanan yang Mengandung Vitamin C Tinggi, Tidak Cuma Jeruk

1. Keripik kentang

Keripik kentang yang menggunakan bahan penyedap seperti garam dan cuka mengandung 500 miligram natrium atau sekitar satu per empat sendok teh garam.

Takaran garam tersebut merupakan jumlah satu per tiga dari kebutuhan total natrium untuk orang dewasa.

Sebuah studi New England Journal of Medicine menemukan bahwa mengonsumsi keripik kentang dapat menambah bobot tubuh lebih banyak dibandingkan minuman manis, daging olahan, daging merah, dan makanan lainnya. 

2. Ayam goreng

Ayam dianggap sebagai alternatif yang lebih sehat dibandingkan dengan daging merah karena lebih rendah lemak jenuh dan merupakan sumber protein yang bagus.

Namun, lapisan tepung dan minyak goreng panas dapat mengubah kandungan protein bergizi dalam ayam menjadi salah satu makanan yang paling tidak sehat.

Saat mengaduk dan menggoreng ayam dalam minyak panas, makanan akan menyerap banyak lemak yang bisa meningkatkan kandungan kalori makanan.

Lemak jenuh dari kulit ayam juga meningkatkan kolesterol LDL (kolestrol jahat) yang berkontribusi pada plak di arteri dan menambah risiko penyakit jantung dan stroke yang lebih tinggi.

Baca juga: 4 Cara Goreng Ayam Tepung agar Matang Merata dan Tidak Berminyak

3. Donat

Adonan donat terbuat dari tepung terigu, gula, dan mentega nabati yang kemudian digoreng dalam minyak panas.

Bahan pembuat dan cara memasak donat dinilai tidak baik bagi tubuh.

Karena proses pematangan melalui minyak panas tersebut, donat berarti mengandung lemak trans yang dapat meningkatkan kolesterol jahat dan menurunkan kadar kolesterol baik.

Mayo Clinic menyebut lemak trans terbentuk melalui proses industri yang menambahkan hidrogen ke minyak nabati dan menyebabkan minyak menjadi padat pada suhu kamar.

Selain donat, lemak trans diketahui terdapat dalam beberapa makanan lain, seperti kue, mentega putih, berondong, pizza beku, adonan yang didinginkan, dan makanan yang digoreng.

Baca juga: 4 Tips Membuat Donat Lembut dan Anti Gagal, Pakai Kuning Telur

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com