Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

15 Makanan yang Buruk untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Donat

KOMPAS.com - Tidak semua hidangan baik bagi tubuh. Beberapa bahan makanan atau makanan yang cukup populer di dunia justru tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Penyebabnya beragam, mulai dari teknik pengolahan bahan makanan, kandungan dalam makanan, hingga jenis bahan makanan yang memang tidak sehat.

Sebelum menyantap aneka sajian yang terasa lezat di mulut, sebaiknya perhatikan 15 makanan yang tidak baik bagi tubuh menurut Eat This, Not That! dan Healthline berikut ini.

1. Keripik kentang

Keripik kentang yang menggunakan bahan penyedap seperti garam dan cuka mengandung 500 miligram natrium atau sekitar satu per empat sendok teh garam.

Takaran garam tersebut merupakan jumlah satu per tiga dari kebutuhan total natrium untuk orang dewasa.

Sebuah studi New England Journal of Medicine menemukan bahwa mengonsumsi keripik kentang dapat menambah bobot tubuh lebih banyak dibandingkan minuman manis, daging olahan, daging merah, dan makanan lainnya. 

2. Ayam goreng

Ayam dianggap sebagai alternatif yang lebih sehat dibandingkan dengan daging merah karena lebih rendah lemak jenuh dan merupakan sumber protein yang bagus.

Namun, lapisan tepung dan minyak goreng panas dapat mengubah kandungan protein bergizi dalam ayam menjadi salah satu makanan yang paling tidak sehat.

Saat mengaduk dan menggoreng ayam dalam minyak panas, makanan akan menyerap banyak lemak yang bisa meningkatkan kandungan kalori makanan.

Lemak jenuh dari kulit ayam juga meningkatkan kolesterol LDL (kolestrol jahat) yang berkontribusi pada plak di arteri dan menambah risiko penyakit jantung dan stroke yang lebih tinggi.

3. Donat

Adonan donat terbuat dari tepung terigu, gula, dan mentega nabati yang kemudian digoreng dalam minyak panas.

Bahan pembuat dan cara memasak donat dinilai tidak baik bagi tubuh.

Karena proses pematangan melalui minyak panas tersebut, donat berarti mengandung lemak trans yang dapat meningkatkan kolesterol jahat dan menurunkan kadar kolesterol baik.

Mayo Clinic menyebut lemak trans terbentuk melalui proses industri yang menambahkan hidrogen ke minyak nabati dan menyebabkan minyak menjadi padat pada suhu kamar.

Selain donat, lemak trans diketahui terdapat dalam beberapa makanan lain, seperti kue, mentega putih, berondong, pizza beku, adonan yang didinginkan, dan makanan yang digoreng.


 

4. Yoghurt rendah lemak

Yoghurt dikenal sebagai minuman yang memiliki banyak nutrisi menyehatkan bagi tubuh.

Meskipun demikian, Healthline menyebut bahwa sebagian besar yoghurt yang ditemukan di toko bahan makanan tidak baik untuk tubuh.

Banyak yoghurt rendah lemak tetapi sarat dengan gula untuk mengimbangi rasa yang diberikan lemak.

Sederhananya, sebagian besar yoghurt rendah lemak kandungannya telah diganti dengan bahan yang tidak sehat.

Selain itu, banyak yoghurt tidak mengandung bakteri probiotik seperti pada umumnya.

Kebanyakan yoghurt sering dipasteurisasi sehingga dapat membunuh sebagian besar bakteri di dalamnya. Jadi pastikan kandungan yoghurt sebelum kamu membelinya.

5. Es krim

Healthline juga menyebut es krim sebagai salah satu makanan yang buruk untuk kesehatan tubuh manusia.

Salah satu olahan susu ini mengandung kalori yang cukup tinggi. Jika kamu mengonsumsinya sebagai makanan penutup, kamu mungkin akan menyantap es krim di atas asupan kalori normal.

Sebagai alternatif, pilihlah merek es krim yang lebih sehat atau buat es krim sendiri menggunakan buah segar dan lebih sedikit gula.

6. Minuman manis

Gula tambahan adalah salah satu bahan terburuk dalam diet modern. Beberapa sumber gula dalam minuman manis sangat berbahaya.

Ketika dikonsumsi dalam jumlah besar, gula dapat mendorong resistensi insulin yang terkait dengan penyakit hati berlemak non-alkohol, diabetes tipe 2,  dan penyakit jantung.

Mengonsumsi minuman manis dalam jumlah besar dapat mendorong penambahan lemak dan obesitas dalam tubuh seseorang.

Sebaiknya, perbanyak minum air putih, kopi, atau teh sebagai ganti minuman manis. 


7. Daging deli

Daging deli atau deli meat merupakan daging yang mengandung pengawet yang disebut natrium nitrat.

Natrium nitrat dapat memicu peradangan kronis di arteri yang menyebabkan aterosklerosis dan penyempitan arteri. 

Kentang goreng keju merupakan salah satu makanan yang sebaiknya dihindari karena buruk bagi tubuh.

Kentang goreng disebut sebagai makanan yang tidak menyehatkan. Penambahan saus keju dalam kentang goreng akan memperburuk sajian gurih tersebut.

Saus keju mengandung 430 miligram natrium atau 19 persen dari nilai natrium harian yang direkomendasikan untuk satu orang.

Selain itu, satu porsi saus keju tanpa kentang goreng juga mengandung hampir 10 persen lemak harian.

9. Sup kalengan

Salah satu makanan yang mengandung natrium dalam jumlah tinggi menurut American Heart Association's adalah sup kalengan.

Bahkan, sup kalengan masuk dalam daftar "Salty Six" yang terkenal buruk untuk jantung.

Natrium dalam satu sup kalengan dari varietas yang sama berkisar antara 49-830 miligram atau lebih dari satu per tiga dari asupan harian yang direkomendasikan. 

10. Krimer kopi non susu

Krimer kopi yang tahan lama ini biasanya terbuat dari minyak terhidrogenasi parsial atau disebut juga lemak trans.

Lemak trans dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung atau stroke dengan meningkatkan kolesterol LDL (kolestrol jahat) dalam tubuh.

11. Margarin

Mengonsumsi satu batang margarin dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner karena mengandung lemak trans.

Menurut sebuah studi di Epidemiologi, margarin adalah sumber utama asam lemak trans yang asupannya telah meningkat sejak awal abad ke-20.

Beberapa data menunjukkan bahwa konsumsi asam lemak trans meningkatkan risiko penyakit jantung koroner (PJK).

12. Hot dog

Hot dog merupakan makanan yang terbuat dari potongan daging dan dicampur dengan nitrat untuk membantu ikatan protein daging.

Mirip dengan sebagian besar makanan lain, hot dog memiliki kandungan yang tinggi lemak jenuh, dan natrium nitrat, pengawet yang terkait dengan risiko penyakit kanker menurut The National Cancer Institute.

13. Burger nabati

Pola makan vegetarian bisa menjadi langkah yang cerdas dalam memilih bahan makanan. Namun, sebaiknya perhatikan pemilihan bahan makanan pengganti bahan hewani.

Menurut Katherine Zertasky ahli gizi diet yang terdaftar di Mayo Clinic, beberapa burger nabati justru akan menambah lemak. Bahayanya, seringkali lemak yang ditambahkan adalah lemak jenuh.

Menurut Katherine, lemak jenuh memiliki hubungan dengan peningkatan kolesterol jahat dalam tubuh yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

14. Sereal berlapis gula

Kandungan gula yang banyak dalam sereal dianggap sebagai perpaduan buruk bagi tubuh, khususnya untuk tujuan penurunan berat badan.

Jika ingin mengonsumsi sereal sebagai camilan atau sarapan, sebaiknya tambahkan sereal dengan sedikit susu cokelat untuk menjaga kandungan serat dalam sajian manis tersebut.

15. Roti bagel

Roti bagel dinilai sebagai salah satu menu sarapan terburuk karena terbuat dari adonan tepung putih yang setara dengan karbohidrat sekitar lima potong roti panggang.

Roti bagel rata-rata mengandung sekitar 250 kalori yang membuat kamu akan cepat merasa lapar.

Rasa lapar tersebut menyebabkan gula darah meningkat dengan cepat dan membuat tubuh terus menginginkan makanan lebih banyak.

https://www.kompas.com/food/read/2021/07/13/220200475/15-makanan-yang-buruk-untuk-kesehatan-tubuh-salah-satunya-donat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke