17 Makanan yang Mengandung Vitamin C Tinggi, Tidak Cuma Jeruk

Kompas.com - 20/01/2021, 13:17 WIB
Ilustrasi buah dengan kandungan vitamin C (Dok. Pixabay/Couleur) Ilustrasi buah dengan kandungan vitamin C (Dok. Pixabay/Couleur)


KOMPAS.com
- Jeruk bukan satu-satunya makanan yang kaya akan vitamin C. Selain buah jeruk kamu bisa mengkonsumsi sayuran dan herba untuk menambah vitamin C pada tubuhmu. 

Sayuran seperti kubis, brokoli, buah kesemek, thyme, dan parsley merupakan bahan makanan yang mengandung vitamin C yang tinggi.

Melansir HealthLine, berikut 17 makanan yang mengandung vitamin C cukup banyak:

Baca juga: 5 Makanan yang Mengandung Vitamin D Tinggi, Mudah Didapat

1. Kubis

Saat kamu mengkonsumsi satu cangkir cangkir kubis mentah cincang terdapat 80 mg vitamin C. Kubis juga memgandung vitamin K dalam jumlah tinggi, karotenoid lutein, dan zeaxanthin.

Jika satu cangkir kubis selesai dimasak menyediakan 53 mg vitamin C.

Kamu disarankan untuk memasak kubis dengan cara rebus, jika menumis sayuran ini maka vitamin C-nya akan lebih banyak terbuang.

2. Kiwi

Buah kiwi, makanan bantu buat tidur nyenyak.PIXABAY/S.HERMANN&F.RICHTER Buah kiwi, makanan bantu buat tidur nyenyak.

Satu buah kiwi berukuran sedang mengandung 71 mg vitamin C.

Penelitian menunjukkan bahwa buah kiwi dapat membantu mengurangi stres oksidatif, menurunkan kolesterol, dan meningkatkan imunitas tubuh.

Sebuah studi dilakukan pada 30 orang sehat berusia 20 sampai 51, menemukan bahwa ketika memakan dua sampai tiga buah kiwi setiap hari.

Baca juga: Resep Agar-agar Buah, Dessert Mudah buat Makan Malam

Selama 28 hari buah ini dapat mengurangi kelengketan platelet darah sebesar 18 persen dan menurunkan trigliserida sebesar 15 persen. Dengan cara ini bisa mengurangi risiko pembekuan darah dan stroke.

Studi lain pada 14 pria dengan kekurangan vitamin C menemukan bahwa makan dua kiwi setiap hari selama empat minggu dapat meningkatkan aktivitas sel darah putih sebesar 20 persen.

3. Brokoli

Brokoli yang dimasak menyediakan 51 mg vitamin C. Sejumlah penelitian menunjukkan jika sayuran ini kemungkinan meningkatkan kekebalan, penurunan risiko kanker, dan penyakit jantung.

Baca juga: 5 Cara Masak Brokoli yang Benar agar Enak dan Warnanya Cerah

Studi acak meneliti 27 pria muda yang merupakan perokok berat. Mereka mengkonsumsi brokoli kukus sebesar 250 gram yang mengandung 146 mg vitamin C.

Setelah sepuluh hari, tingkat penanda inflamasi protein C-reaktif mereka menurun sebesar 48 persen.

4. Lemon

Lemon dipercaya menambah kandungan vitamin C sejak 1700-an untuk mencegah penyakit kudis. Satu lemon mentah utuh, termasuk kulitnya, menyediakan 83 mg vitamin C.

5. Leci

Es leci yakult untuk hidangan takjil.DOK. HOTEL SALAK THE HERITAGE BOGOR Es leci yakult untuk hidangan takjil.

Satu buah leci menyediakan hampir tujuh mg vitamin C. Leci juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6, yang bermanfaat bagi otak, jantung, serta pembuluh darah.

Buah ini juga mengandung banyak vitamin C, yang memiliki perannya dalam sintesis kolagen dan kesehatan pembuluh darah.

Baca juga: Resep Salad Buah Saus Madu, Dessert Manis yang Mengenyangkan

Studi observasi pada 196.000 orang menemukan bahwa mereka dengan asupan vitamin C tertinggi mengalami penurunan risiko stroke sebesar 42 persen.

Halaman:


Sumber HealthLine
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X