Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sagu Jadi Pakan Ternak, Beri Dampak pada Ketahanan Pangan Manusia

Kompas.com - 21/10/2020, 22:09 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Tak hanya bisa dimanfaatkan sebagai pangan manusia saja, sagu juga bisa digunakan sebagai pakan ternak alternatif.

Pemanfaatkan sagu sebagai pakan ternak saat ini telah dilakukan Tengku Rivanda Anshori, pendamping petani sagu yang berbasis di Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau.

Baca juga: Potensi Sagu Sebagai Ketahanan Energi, Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat

“Di Meranti mereka pelihara ayam, bebek, kambing, sapi, babi, itu dibelah saja batang sagunya terus dimakan sama ayam, kambing, sapi. Ternak di sana luar biasa gemuk dan sehat,” kata Tengku dalam sesi talkshow “Sagu Pangan Sehat untuk Indonesia Maju” Pekan Sagu Nusantara, Selasa (20/10/2020).

Ketika dilakukan analisa laboratorium, ternyata kandungan energi yang terdapat dalam sagu mencapai 3.676 kkal per kilogram. Lebih tinggi dari jagung yang juga pakan ternak, dengan tingkat energi 3300 kkal per kilogram.

Dengan memanfaatkan sagu menjadi pakan ternak, bisa membuat ternak jadi punya kualitas lebih baik. Dengan begitu, dagingnya lebih banyak dan kandungan protein lebih tinggi.

Tak itu saja, harga sagu pun relatif lebih murah daripada sumber pangan lain untuk jadi pakan ternak.

Menurut Tengku, seorang peternak ayam broiler bisa menghemat sampai dengan 30 persen biaya pakan jika menggunakan sagu bukannya pakan produksi pabrik biasa.

Tengku Rivanda Anshori bersama produk Sapuring untuk pakan ternakDok. YouTube Pekan Sagu Nusantara Tengku Rivanda Anshori bersama produk Sapuring untuk pakan ternak

Dampaknya pada ketahanan pangan manusia

Ternyata menjadikan sagu sebagai sumber pakan ternak juga akan berdampak pada ketahanan pangan manusia, tak hanya pada hewan ternak saja.

Baca juga: Produktivitas Sagu Masih Rendah, Kementan Tata dan Perluas Lahan Sagu

Tengku menjelaskan bahwa di Kabupaten Meranti, harga sumber protein seperti daging dan telur cenderung mahal.

“Di daerah kepulauan pabrik pakan itu adanya di pulau besar. Di Sumatera dan Jawa. Di kepulauan ini tidak ada. Padahal konsumsi daging dan telur itu tinggi juga,” tutur Tengku.

Hal itu membuat harga pakan hewan jadi cukup tinggi. Kemudian akan berdampak pada tingginya harga daging dan telur produk ternak juga.

Sementara jika industri peternakan bisa memenuhi kebutuhan pakan ternak dengan sagu misalnya, maka nantinya bisa membuat harga daging dan telur tersebut jadi lebih murah. Sagu memang mudah diperoleh di Meranti.

“Kalau masyarakat bisa membeli dengan harga yang lebih murah, maka kebutuhan protein masyarakat pun akan lebih bagus. Kalau protein bisa terpenuhi, maka stunting bisa teratasi dengan adanya sagu ini,” papar dia.

Ilustrasi pengolahan sagu. SHUTTERSTOCK/EDMUND LOWE PHOTOGRAPHY Ilustrasi pengolahan sagu.

Rantai panjang hingga ekspor hasil ternak

Nantinya jika harga hasil ternak sudah cukup terjangkau oleh masyarakat sekitar, bukan tidak mungkin masyarakat bisa melakukan ekspor.

Tengku memaparkan, bahwa Singapura, Batam, dan Malaysia yang letaknya dekat dengan Meranti cenderung melakukan impor hasil ternak dari daerah yang sangat jauh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com