Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Macam Peminum Kopi di Indonesia, Newbie sampai Pencari Promo

Kompas.com - 04/10/2020, 12:23 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Terdapat setidaknya 5 macam peminum kopi di Indonesia, mulai dari pemula sampai pencari promo.

Melansir salah satu artikel Kompas.com, Cindy Herlin Marta, Co-Founder Shoot Me In The Head yang juga seorang Licensed Q Arabica Grader, karakteristik penikmat kopi salah satunya dipengaruhi oleh narasi kedai kopi yang mereka datangi.

Baca juga: Tipe Peminum Kopi di Indonesia, Kamu yang Mana?

Ia menjelaskan ada penikmat kopi yang lebih suka biji origin, ada yang hanya datang untuk cari promo saja, ada juga yang untuk kebutuhan minuman saat kerja. Nantinya para penikmat kopi akan mencari kedai kopi yang sesuai dengan kebutuhannya.

Berikut rangkuman beberapa karakteristik penikmat kopi di Indonesia:

Ilustrasi minum kopi di pagi hari. Ilmuwan sarankan konsumsi kopi setelah sarapan agar gula darah dan metabolisme tubuh tidak terganggu.SHUTTERSTOCK/gpointstudio Ilustrasi minum kopi di pagi hari. Ilmuwan sarankan konsumsi kopi setelah sarapan agar gula darah dan metabolisme tubuh tidak terganggu.

1. Baru mulai mencoba

Owner brand Kopi Kangen William Heuw mengatakan, ia seringkali membagi tahap konsumen kopi di Indonesia dalam mengonsumsi kopi. Pada dasarnya, ia mengatakan bahwa orang Indonesia kebanyakan menyukai minuman manis.

Es kopi susu yang pakai gula aren, susu kental manis, dan sirup sangat disukai oleh masyarakat. Kemudian simple flavor seperti matcha yang dicampurkan dengan kopi disukai juga oleh para peminum kopi pemula.

Menurutnya, konsumen yang baru mulai mencoba kopi biasanya penasaran dengan rasa kopi.

Mereka mencoba jenis kopi yang paling ringan dan manis serta populer, yakni es kopi susu. William menyebut, mereka yang berada dalam tahap ini sedang berada di entry level.

Baca juga: Mengapa Orang Indonesia Doyan Minum Kopi Susu?

2. Kebutuhan sosial

Tipe selanjutnya ada orang yang minum kopi karena kebutuhan sosial. Pada tipe ini kedai kopi yang nyaman sangat berperan penting. Oleh karena itu, kedai kopi sering dijadikan tempat berkumpul selepas kerja atau sekadar bertemu teman lama.

Baca juga: Hari Kopi Internasional, Starbucks Indonesia Jual 4 Kreasi Kopi Hasil Kontes Barista

Kopi juga bisa jadi teman minum yang ringan. Kopi yang kini memiliki banyak varian juga mendorong para penikmat kopi untuk kebutuhan sosial, yakni terus mengetahui jenis minuman kopi terbaru.

3. Kebutuhan sehari-hari

Kemudian ada juga penikmat kopi yang meminum kopi karena kebutuhan sehari-hari. Biasanya ada orang yang membutuhkan kafein dalam kopi untuk bisa bersemangat dalam menjalani hari.

Biasanya, tipe ini akan membeli kopi setiap hari dan minum setidaknya segelas kopi per hari.

Sejumlah kedai kopi yang memiliki fasilitas berupa tempat duduk yang nyaman dan akses internet cepat. Oleh karena itu, fasilitas ini dimanfaatkan sebagai tempat kerja nyaman sembari menikmati kopi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com