Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klepon Ungu yang Unik, Pilihan Jajanan di Palabuhanratu Sukabumi

Kompas.com - 06/08/2020, 14:34 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F.

Editor

KOMPAS.com - Umumnya kue klepon berwarna hijau, berbentuk bulat, isi gula merah, serta ditaburi parutan kelapa di luarnya.

Di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, klepon dibuat dengan warna asli ubi.

Jadinya klepon buatan Wawan, warga Kampung Rancabungur, Kelurahan Palabuhanratu, ini berwarna ungu.

Baca juga: Resep Klepon Tradisional, Cocok untuk Dijual

Wawan mengatakan, warna tersebut merupakan warna asli dari ubi ungu. Sementara itu, bentuk dan isian tetap sama dengan klepon pada umumnya.

"Dibuatnya dari ubi, kalau ubi ungu jadi ungu, kalau ubinya putih ya jadi putih, kalau ubi kuning ya kuning, campurannya aci sama garam ditambah gula pasir, serta di dalamnya gula merah," ucap Wawan saat ditemui Tribunjabar.id di kediamannya, Kamis (23/7/2020).

Favorit pejabat

Wawan mengaku, klepon buatannya menjadi favorit para pejabat di Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sukabumi.

Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono, klaim Wawan, sudah dua kali mendatangi kediamannya untuk membeli jajanan tradisional tersebut.

Pasalnya, selain klepon, Wawan juga menjajakan jajanan tradisional lainnya. Di antaranya papais, jagung rebus, gegetuk, hingga bajigur.

Baca juga: Sejarah Klepon, Kue Tradisional yang Tak Hanya Ada di Jawa

"Alhamdulilah selalu dapat orderan dari Pemda, kantor-kantor dinas, malahan Pak Wakil Bupati itu sudah dua kali datang langsung ke rumah untuk beli kue, kalau ada rapat-rapat di Pemda pasti saya selalu dapat pesanan," tuturnya.

Wawan mengaku berjualan Klepon dari tahun 1980-an. Dulu ia hanya berdagang seorang diri, menjajakan dagangannya keliling Palabuhanratu.

"Dari tahun 80-an saya dagang, ya kalau karyawan dulu sendiri, sekarang alhamdulillah ada, satu gerobak itu dalam sehari dapat Rp 1 juta, dibagi 25 persen dengan karyawan," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Unik, Klepon di Palabuhanratu Sukabumi Warnanya Ungu, Jadi Favorit Para Pejabat (Taufik Ismail/Laporan Kontributor Kabupaten Sukabumi M Rizal Jalaludin)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com