Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Siswa Tim "OSCAR" Sekolah Cahaya Rancamaya Maju ke OSN 2024 Tingkat Provinsi Jabar

Kompas.com - 22/04/2024, 10:47 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 12 siswa SMA Cahaya Rancamaya, Bogor, Jawa Barat, yang tergabung dalam tim Oscar (Olympiad School of Cahaya Rancamaya) berhasil lolos dan menjadi perwakilan Kota Bogor ke ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2024 tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Kedua belas siswa terpilih setelah mengikuti ajang OSN-K (Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kota) yang dilaksanakan pada 25-27 Maret 2024 dan akan lanjut berkompetisi di tingkat provinsi pada 6-8 Mei 2024.

Dari delapan Bidang yang dikompetisikan, SMA Cahaya Rancamaya berhasil meraih juara dan menempatkan perwakilannya pada masing-masing bidang.

Adapun peserta didik yang berhasil melaju ke jenjang Provinsi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Bidang Matematika: Randy Athalla Ryansha dan Fauzi Kemal Maulidi (Kelas 11)
  • Bidang Fisika: Muhammad Zayyan Fairuz (Kelas 10)
  • Bidang Kimia: Baruna Adi Sanjaya (Kelas 11)
  • Bidang Informatika: Raden Surawisesa Ridwan Saputra (Kelas 10), Khaindra Akmal Dhiya Putra (Kelas 11) dan Muhammad Atala Assyikur (Kelas 10)
  • Bidang Biologi: Narendra Aditya Tanoto (Kelas 11)
  • Bidang Astronomi: Faith Abiyu Ghaisan (Kelas 9)
  • Bidang Ekonomi: Shafwan Nizar Aulia (Kelas 10)
  • Bidang Geografi: Muhamad Kun Fatihah (Kelas 10) dan Hossem Ahmed Mido (Kelas 11)

Bukan hal mudah untuk sampai pada tahapan tersebut. Selain persiapan matang dan banyak hal yang harus dikorbankan, mereka juga harus berkompetisi dengan ratusan pelajar SMA di Kota Bogor pada OSN-K.

"Bersyukur bisa lolos, tapi melihat kegagalan di olimpiade sains provinsi (OSP) tahun lalu membuat saya harus memperbaiki kesalahan yang dulu dilakukan. Kelemahan utama yang saya rasakan dan menjadi prioritas adalah soal koding. Harapannya di osp tahun ini bisa maksimal," ungkap Khaindira Akmal perwakilan siswa yang lolos untuk bidang Informatika.

Memperkuat mental dan motivasi siswa

Kepala Sekolah SMA Cahaya Rancamaya, Sandra Susanto mengaku sangat senang dan berterima kasih kepada semua pihak atas keberhasilan tim yang diraih tim Oscar yang lolos OSN-P (Olimpiade Sains Nasional Tingkat Provinsi) tahun ini.

Baca juga: Jadwal Terbaru Tes Ulang OSN 2024 Jenjang SD dan SMP

"Alhamdulillah, Ini tiada lain karunia Allah SWT atas kerja keras kita semua mulai tim pelatih, pembimbing, dan terutama siswa yang giat belajar, disiplin mengikuti pelatihan, terus berusaha dan berdoa," ungkap Sandra.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com