Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumbang Dua Medali, SMP Pribadi Jadi Satu-satunya Sekolah Depok Raih Prestasi OSN 2023

Kompas.com - 06/09/2023, 17:07 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Dua siswa SMP Pribadi Depok berhasil meraih prestasi membanggakan dalam ajang OSN (Olimpiade Sains Nasional) tahun 2023 untuk bidang matematika. Luvidi Pranawa Alghary dan Neisha Calya Mahardhika berhasil meraih medali perak dan perunggu.

Sebagai informasi, SMP Pribadi menjadi satu-satunya sekolah di kota Depok yang berhasil menyumbangkan medali bagi kontingen provinsi Jawa Barat di ajang OSN 2023.

“Semoga dengan prestasi ini membuka jalan dan semangat baru bagi siswa lain agar dapat lebih berprestasi dan siap berkompetisi di berbagai bidang,” ungkap Maman Firmansyah, Kepala SMP Pribadi Depok melalui rilis resmi (6/9/2023).

Maman menyampaikan, menjadi kebanggaan tersendiri dapat mengharumkan Kota Depok.

"Usaha yang sungguh-sungguh tidak akan menghianati hasilnya. Di balik siswa yang berprestasi, ada peran guru-guru, orangtua dan teman-teman yang selalu mendukung," tegas Maman.

"Tanpa perjuangan dan upaya guru untuk memotivasi dan memberikan contoh mustahil siswa akan bisa meraih prestasi," lanjutnya.

Pembimbing Olimpiade SMP Pribadi Depok, Irpan menambahkan “prestasi ini adalah buah dari perjuangan yang berkepanjangan, melibatkan berbagai pelatihan rutin yang diselenggarakan oleh sekolah dan dukungan orangtua."

"Termasuk sesi mingguan, bulanan, dan persiapan intensif menjelang kompetisi OSN. Tidak lupa juga peran doa yang dipanjatkan oleh seluruh anggota sivitas sekolah,“ tutup Irpan.

Gelaran OSN 2023

OSN tahun ini digelar pada 27 Agustus hingga 2 September 2023. OSN jenjang SMA/MA dilaksanakan secara luring di Kota Bogor, Jawa Barat sedangkan jenjang SD/MI dan SMP/MTs secara daring.

Baca juga: OSN 2023, DKI Jakarta Juara Umum Usai Raih 71 Medali

Kategori bidang dalam OSN 2023 untuk jenjang SD/MI terdiri atas Matematika dan IPA, jenjang SMP/MTs yakni matematika, IPA, dan IPS dan untuk jenjang SMA/MA meliputi matematika, fisika, kimia, informatika, biologi, astronomi, ekonomi, kebumian, dan geografi. 

OSN 2023 tingkat nasional diikuti sebanyak 1.475 peserta dari 38 provinsi di Indonesia. Para peserta terdiri dari 230 siswa SD/MI, 354 peserta jenjang SMP/MTs, dan 900 peserta pada jenjang SMA/MA.

Selain sekolah dari 38 provinsi di Indonesia, OSN 2023 pun diikuti oleh 15 peserta dari lima Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN). Kelima sekolah yang berpartisipasi yakni SILN Malaysia, SILN Singapura, SILN Myanmar, SILN Saudi Arabia, dan SILN Den Haag-Belanda.

Pemenang OSN 2023 diumumkan di momen penutupan dan penganugerahan OSN 2023 di Bogor, Jawa Barat, Jumat (01/9/2023), baik secara langsung maupun melalui kanal Youtube Puspresnas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com