Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Growth Center
Powered by Kompas Gramedia

Sebagai bagian dari KOMPAS GRAMEDIA, Growth Center adalah ekosistem solusi yang memfasilitasi pertumbuhan organisasi dan individu untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka. Growth Center hadir untuk menjadi teman bertumbuh dalam mempercepat pertumbuhan dan transformasi melalui solusi sumber daya manusia berbasis teknologi yang teruji secara saintifik berdampak.

Kami meningkatkan pertumbuhan para individu melalui proses siklus yang berkelanjutan dari menemukan jati diri (discovery) hingga menyediakan pengembangan (development) yang diperlukan. Semua ini hadir dalam produk kami, Kognisi Discovery dan Kognisi Development untuk memfasilitasi individu untuk mengenal dirinya sendiri dan berkembang sesuai dengan keunikan (idiosyncrasy) mereka.

Silakan kunjungi situs kami www.growthcenter.id dan info kolaborasi lebih lanjut bisa kirim surel ke info@growthcenter.id.

 

"Salary Mapping", Kunci Pertumbuhan UMKM

Kompas.com - 17/04/2024, 15:39 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Akmal Nurisnanto Dewatmoko, Mochammad Giffari Saputra, Muhammad Hasbi Assidik | Mahasiswa Manajemen IPB University

KOMPAS.com - Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjadi pilar penting dalam ekonomi Indonesia, menyokong pemerataan ekonomi, mengurangi kesenjangan sosial, dan berkontribusi pada devisa negara.

Data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah tahun 2021 mencatat 64,2 juta unit UMKM, menyerap 97 persen tenaga kerja, serta menyumbang 57 persen PDB dan 15 persen ekspor nasional.

Pengelolaan SDM, termasuk penetapan gaji yang adil, mendukung pertumbuhan UMKM dengan menarik dan mempertahankan talenta terbaik, serta meningkatkan kinerja karyawan.

Salary mapping, proses pemetaan gaji, dapat membantu UMKM menetapkan gaji yang sesuai dengan tiap posisi, mempertimbangkan faktor seperti kondisi pasar, pengalaman kerja, dan keterampilan, yang pada akhirnya mendorong pertumbuhan bisnis secara berkelanjutan.

Salary mapping juga dapat menjadi alat penting UMKM untuk mengelola SDM secara efektif. Dengan menerapkannya, UMKM dapat meningkatkan daya tarik, retensi, motivasi, dan kinerja karyawan, serta efisiensi biaya, keadilan, kesetaraan, dan kepatuhan terhadap regulasi.

Manfaat Salary Mapping bagi UMKM

Mengenai konsep salary mapping, berikut merupakan beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh perusahaan yang menerapkannya:

1. Meningkatkan Daya Tarik dan Retensi Karyawan

Salary mapping dapat membantu UMKM memberikan gaji yang kompetitif dan adil kepada karyawannya. Hal ini dapat membuat UMKM menarik talenta dan meningkatkan retensi karyawan.

Ketika karyawan merasa dihargai dan diperlakukan secara adil, mereka akan lebih termotivasi untuk melakukan pekerjaan dengan baik dan memberikan kontribusi terbaiknya kepada UMKM.

2. Meningkatkan Motivasi dan Kinerja Karyawan

Apabila karyawan merasa digaji dengan adil, mereka akan lebih termotivasi untuk melakukan pekerjaannya dengan baik sehingga dapat mencapai target yang ditetapkan. Hal ini dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas kinerja UMKM secara keseluruhan.

3. Meningkatkan Efisiensi Biaya

Salary mapping membantu UMKM untuk mengoptimalkan penggunaan anggaran untuk kebutuhan sumber daya manusia.

Dengan menetapkan gaji yang sesuai dengan nilai pasar, UMKM dapat menghindari overpaying dan underpaying karyawan. Hal ini dapat membantu UMKM menghemat biaya dan meningkatkan efisiensi operasional.

4. Meningkatkan Keadilan dan Kesetaraan

Salary mapping menjadikan UMKM untuk memberikan gaji kepada karyawannya adil dan setara. Hal ini dapat meningkatkan moral dan budaya kerja di perusahaan

5. Meningkatkan Kepatuhan terhadap Regulasi

Salary mapping membantu UMKM untuk memastikan bahwa mereka patuh terhadap peraturan ketenagakerjaan yang berlaku. Hal ini dapat membantu UMKM menghindari risiko denda dan sanksi dari pemerintah.

Melakukan Salary Mapping

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan UMKM untuk melakukan salary mapping:

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com