Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Link dan Cara Daftar STPN 2024, Sekolah Kedinasan Pertanahan di Yogya

Kompas.com - 14/04/2024, 17:07 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Pendaftaran taruna baru STPN (Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional) sudah dibuka hingga 20 Mei 2024 mendatang.

Lulusan SMA/SMK sederajat yang ingin kuliah di sekolah kedinasan pertanahan di Yogyakarta ini perlu tahu cara daftarnya.

Cara daftar STPN 2024 cukup mudah karena bisa dilakukan secara online di laman penerimaan.stpn.ac.id.

STPN merupakan sekolah kedinasan milik Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Baca juga: Pendaftaran Sekolah Kedinasan Pertanahan Dibuka, Ini Syarat dan Jadwalnya

Cara daftar STPN 2024

STPN bukan sekolah kedinasan berstatus ikatan dinas, namun kampus yang berada di Jalan Tata Bumi Nomor 5, Area Sawah, Banyuraden, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, DIY ini juga bisa jadi pilihan bagus.

Berikut cara daftar sekolah kedinasan pertanahan atau STPN 2024 yang perlu diketahui lulusan SMA/SMK sederajat.

1. Pendaftaran dilakukan secara online melalui Sistem Penerimaan Taruna Baru di laman penerimaan.stpn.ac.id.

2. Pendaftar harus membaca dengan seksama ketentuan umum, syarat-syarat dan alur pendaftaran yang dimuat di laman depan Sistem Penerimaan Taruna Baru (penerimaan.stpn.ac.id).

3. Pendaftar harus mempunyai alamat email goodle (id_gmail)@gmail.com. Pada Sistem Penerimaan Taruna Baru, pendaftar memilih menu Registrasi Diploma IV Pertanahan atau D1 PPK (sesuai dengan pilihan), kemudian masuk pada menu, Diploma IV (pendaftar online atau Diploma 1 PPK (sesuai dengan pilihan), selanjutnya masuk ke menu pendaftaran online untuk mengisi alamat email, nama lengkap dan captcha.

4. Pendaftar akan mendapatkan email konfirmasi pendaftaran yang berisi nomor registrasi, nomor virtual account (kode billing pembayaran), biaya pendaftaran, batas waktu pembayaran dan link pengisian formulir pendaftaran.

5. Pendaftar membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 175.000 berdasarkan PP nomor 128 tahun 2015 tentang jenis dan tarif atas PNPB yang berlaku pada Lingkungan Kementerian Agraria dan Tata Ruang /BPN sesuai dengan nomor virtual account BRI (15 digit). Kemudian pendaftar akan mendapatkan email konfirmasi pembayaran yang didalamnya terdapat username dan nomor PIN (6 digit) yang digunakan untuk melakukan login pengisian formulir dan mengunggah (upload) berkas online.

Baca juga: 24 Kampus di Malaysia Tawarkan Beasiswa Kuliah S2-S3 Gratis

6. Pendaftar mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap.

7. Mengunggah (upload) pas foto terbaru ukuran 3x4 dengan format jpg dengan latar belakang warna merah untuk prodi D4 dan warna biru untuk prodi D1 PPK.

8. Mengunggah (upload) Surat Pernyataan Bermaterai Rp 10.000 (dapat diunduh di aplikasi menu "Syarat-syarat Kelengkapan Berkas) yaitu:

  • Tidak menuntut untuk diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (PNS/PPPK)
  • Data yang diisikan dalam formulir pendaftaran adalah benar
  • Bagi pendaftar putri Prodi D4 Pertanahan tidak sedang hamil dan tidak hamil sampai dengan semester IV.
  • Bagu pendaftar putri D1 PPK belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama mengikuti pendidikan serta tidak dalam keadaan hamil.

9. Setelah dilakukan pengisian formulir pendaftaran, simpan file tersebut dan selanjutnya pendaftar mendapatkan Kartu Tanda Peserta Ujian dan dicetak warna pada kerta HVS 80 gram warna putih berukuran A5 (orientasi portrait).

10. Panitia akan melakukan validasi kesesuaian persyaratan sebagaimana tertera dalam formulir pendaftaran dengan berkas-berkas asli pada tahapan validasi berkas setelah peserta dinyatakan lulus ujian CBT.

11. Peserta dinyatakan gugur jika ditemukan adanya ketidaksesuaian antara data persyaratan yang dituliskan dalam formulir pendaftaran dengan data dalam berkas asli dan keputusan panitia bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.

Jadwal penerimaan taruna baru STPN adalah sebagai berikut:

  • Pendaftaran secara online: 3 April hingga 20 Mei 2024
  • Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi dan Pencetakan Kartu Ujian dan Jadwal Pelaksanaan Ujian Computer Based Test (CBT): 21 Mei 2024
  • Pelaksanaan ujian tulis menggunakan Computer Bases Test (CBT):27 hingga 31 Mei 2024
  • Pengumuman kelulusan ujian Computer Bases Test (CBT): 7 Juni 2024
  • Seleksi tahap akhir meliputi Validasi, Berkas, Tes Kesehatan, Tes Kesamaptaan dan Tes Wawancara: 10-14 Juni 2024
  • Pengumuman kelulusan Seleksi Tahap Akhir (lulus utama): 18 Juni 2024
  • Pembayaran biaya pendidikan dan biaya non-pendidikan serta pendaftaran ulang/registrasi online: 19 Juni - 2 Juli 2024
  • Pemanggilan dan seleksi tahap akhir (lulus cadangan): 3-5 Juli 2024
  • Pembayaran biaya pendidikan dan biaya non-pendidikan serta pendaftaran ulang/registrasi online (lulus cadangan): 9-22 Juli 2024
  • Masuk asrama: 8-9 Agustus 2024
  • Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Taruna Baru (PKKTB): 12-15 Agustus 2024
  • Mulai pendidikan/awal perkuliahan: 19 Agustus 2024.

Baca juga: Ini Cara Daftar Beasiswa BCA 2024, Kuliah Gratis dan Ada Uang Saku

Demikian informasi mengenai cara daftar sekolah kedinasan pertanahan atau STPN yang perlu diketahui lulusan SMA/SMK sederajat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com