Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klarifikasi Mahasiswa Unair yang Lakukan Plagiarisme Tugas Kuliah

Kompas.com - 02/04/2024, 19:37 WIB
Sania Mashabi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dunia media sosial digegerkan dengan adanya kasus plagiarisme tugas kuliah yang dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unversitas Airlangga (Unair) berinisial SPI.

Hal itu diketahui setelah muncul cuitan dari akun media sosial X @wkkwkingatmyself yang mengeluhkan tugas kuliahnya kena plagiat oleh Safrina. Pemilik akun media sosial X itu adalah Putri Azhra yang juga merupakan mahasiswa Unair Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Baca juga: Unair Beri Sanksi Mahasiswa yang Lakukan Plagiarisme Makalah

"Ada SELEB Unair di kelas gue yang personal branding di Instagram dan TikTok keren, aktif berorganisasi, ikut banyak kepanitiaan, skill public speaking bagus, punya banyak hubungan ke kating (kakak tingkat)dan dosen, tapi plagiat tugas gue plek ketiplek," tulis Putri di akun media sosial X yang dikutip Kompas.com dari menangkap layar akun tersebut, Selasa (2/4/2024).

Setelah unggahan itu ramai jadi perbincangan media sosial, SPI dan Putri akhirnya angkat bicara melalui video yang diunggah di akun Instagram resmi milik Safrina.

Dalam video itu, SPI meminta maaf karena telah melakukan melakukan plagiat atas tugas yang sudah dibuat oleh Putri.

"Saya mengakui telah melakukan plagiasi. Dengan ini dengan tulus saya ingin memohon maaf kepada rekan saya bernama putri. Saya bersedia menerima sanksi yang telah diberikan oleh fakultas atas tindakan yang telah saya lakukan," kata SPI dalam video klarifikasinya.

SPI menyadari apa yang dilakukannya adalah tindakan yang salah dan tidak bisa dibenarkan dalam kondisi apapun.

SPI pun berjanji tidak akan mengulangi kesalahannya dan menjadikan kejadian ini sebagai pelajaran yang berharga untuk masa depannya.

"Saya benar-benar memyesal atas kejadian ini saya atas nama probadi berjanji akan menjadikan kejadian ini sebagai yang pertama dan terakhir," tutur SPI.

Baca juga: Pakar Unair Jelaskan Beda Gerd dan Asam Lambung serta Cara Mencegahnya


Putri juga meminta maaf karena telah menyikapi masalah plagiasi yang dilakukan SPI dengan kurang bijak.

Putri mengatakan, kejadian ini menjadi pelajaran berharga baginya agar lebih bijak dalam menggunakan media sosial (medsos).

"Saya Putri Zahra memimta maaf karena telah menyikapi permasalahan ini dengan kurang bijaksana," ucap Putri.

Baca juga: Kisah Kevin Mulki, Lulus Masuk Unair pada Usia 16 Tahun

Putri juga berterima kasih karena SPI sudah mengakui kesalahannya dan meminta maaf atas tindak plagiasi yang dilakukan. Saat ini Putri juga membatasi siapa saja yang bisa melihat unggahan di akun X miliknya.

"Saya telah memaafkan tindakan plagiasi yang telah dilakukan oleh SPI," tukas Putri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com