Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skor UTBK Tertinggi dan Terendah Unair di SNBT, Kedokteran Berapa?

Kompas.com - 02/04/2024, 13:11 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Siswa yang ingin mendaftar Universitas Airlangga (Unair) melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024, harus tahu perkiraan rata-rata nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diterima di kampus ini.

Pendaftaran UTBK SNBT 2024 sendiri masih berlangsung hingga 5 April 2024. Siswa yang memilih Unair bisa tahu prodi mana saja yang memiliki rata-rata nilai UTBK cukup tinggi maupun rendah.

Wakil Rektor Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni sekaligus Ketua pusat UTBK Unair, Prof Dr Bambang Sektiari Lukiswanto mengatakan, pada tahun sebelumnya gambaran skor tertinggi di Unair yaitu nilainya 803,95 berasal dari program studi statistika.

“Rata-rata nilai untuk prodi sangat variatif tergantung oleh pendaftar, semakin tinggi skor pendaftar akan semakin tinggi skor minimalnya,” terang Prof Bambang, dilansir dari keterangan resmi.

Baca juga: Nilai Rerata UTBK SNBT 2024 Masuk 20 PTN, Siapa yang Paling Tinggi?

Secara berurutan, Prof Bambang mengatakan prodi lain yang punya nilai rata-rata UTBK tertinggi misalnya Kedokteran, Manajemen, Rekayasa Nanoteknologi dan lainnya.

Daftar nilai rata-rata UTBK SNBT Masuk Unair 2024

Berikut gambaran nilai rata-rata masuk Unair, berdasarkan nilai tertinggi, nilai rata-rata agak rendah di banyak prodi. Perlu diketahui, gambaran nilai rata-rata adalah prakiraan nilai berdasarkan rerata tahun sebelumnya.

Gambaran nilai rata-rata UTBK SNBT:

  • Statistika: 803,95
  • Kedokteran: 781,87
  • Manajemen: 765,9
  • Teknologi Sains Data: 765,66
  • Rekayasa Nanoteknologi: 762

Baca juga: Kisah Kevin Mulki, Lulus Masuk Unair pada Usia 16 Tahun

Nilai rata-rata UTBK SNBT tertinggi:

Sementara nilai rata-rata tertinggi UTBK di Unair di bawah ini berdasarkan hasil tahun 2023. Berikut rinciannya:

  • Kedokteran: 735,59,
  • Teknologi Sains Data: 704
  • Sistem Informasi: 688
  • Kedokteran Gigi: 688
  • Statistika: 685

Baca juga: 26 UIN yang Bisa Dipilih pada SNBT 2024

Nilai rata-rata UTBK SNBT terendah:

Pada prodi tertentu dengan nilai rata rata yang agak rendah seperti:

  • Akuakultur: 598
  • Ilmu Sejarah: 592
  • D4 Perbankan dan Keuangan: 593
  • Manajemen Perkantoran Digital: 580
  • D3 Keperawatan: 556

Unair siapkan dua gelombang UTBK 2024

Prof Bambang mengatakan bahwa pada tahun kemarin Unair selesai hanya dengan satu gelombang saja. Akan tetapi tahun ini diusahakan untuk melakukan pemerataan.

“Pada tahun ini kami usahakan dua gelombang. Gelombang satu pada tanggal 30 April, kemudian berlanjut pada tanggal 2-7 Mei 2024. Sementara itu, gelombang dua pada tanggal 17-20 Mei 2024,” ujarnya.

Kemudian, Prof Bambang melanjutkan, calon mahasiswa yang telah lolos SNBP tidak dapat mendaftar di jalur SNBT dan jalur Mandiri.

Hal ini berlaku juga untuk peserta yang lolos jalur SNBT yang telah melakukan registrasi. Kebijakan ini menjadi cara untuk mengatasi pemerataan dalam bidang pendidikan.

Lokasi UTBK SNBT di Unair

Lokasi dalam pelaksanaan ujian SNBT di Unair akan berlangsung di tiga kampus, yakni Dharmahusada-A, Dharmawangsa-B, Kampus Merr-C.Ujian ini terdiri dari 28 sesi dengan 24.640 kursi. Hal tersebut membuat Unair menjadi penampung tertinggi bagi peserta UTBK di Surabaya.

Menurut Prof Bambang, pembagian ruang ujian meliputi 18 ruangan dengan menampung tiap sesi 880 peserta UTBK yang terbagi di Kampus Dharmahusada-A.

Pada FK dan FKG, ada sebanyak 260 peserta. Kemudian pada Kampus Dharmawangsa-B tepatnya pada FEB, FV, dan GKB-B dengan kapasitas 235 peserta. Kampus Merr-C yakni di Gedung Nanizar Zaman, dan GKB lantai 8 dengan total kapasitas 385 peserta.

Bagi peserta dari luar kota disarankan hadir sehari sebelum tes sehingga dapat melakukan orientasi lokasi. Hal tersebut untuk mengetahui dimana mereka melakukan ujian tersebut. Dengan diharapkan peserta dapat menghadiri tes 30 menit sebelum tes dilaksanakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com