Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adakah Biaya Uang Pangkal di Jalur Mandiri UGM? Simak Penjelasannya

Kompas.com - 31/03/2024, 15:09 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia menerapkan biaya uang pangkal bagi calon mahasiswa yang lolos lewat jalur mandiri.

Uang pangkal di jalur mandiri biasanya disebut dengan istilah berbeda-beda. Misalnya Iuran Pengembangan Institusi (IPI), ada juga Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI).

Biasanya uang pangkal ini dibayar satu kali di awal kuliah bagi mahasiswa yang diterima lewat jalur mandiri.

Lantas, adakah uang pangkal di jalur mandiri UGM (Universitas Gadjah Mada)? Hal ini penting untuk diketahui calon mahasiswa yang ingin kuliah di UGM lewat jalur mandiri.

Baca juga: Biaya Kuliah Unimed Jalur Mandiri, Cek Uang Pangkal dan UKT-nya

UGM tidak ada uang pangkal, hanya SSPU

Jika mengacu pada komponen pembiayaan di UGM pada jalur mandiri UGM tahun akademik 2023/2024, maka UGM tidak lagi menerapkan uang pangkal atau sejenisnya untuk mahasiswa baru jalur mandiri tahun 2023 lalu.

Namun UGM  menerapkan Sumbangan Solidaritas Pendidikan Unggul (SSPU) yang ditetapkan dalam presentase antar-mahasiswa.

SSPU hanya diperuntukkan bagi mahasiswa baru yang diterima melalui jalur UM-CBT UGM pada tahun akademik 2023/2024 yang memiliki kemampuan ekonomi baik yang termasuk dalam kelompok UKT Pendidikan Unggul tanpa subsidi.

Sumbangan ini merupakan salah satu langkah untuk menggalang solidaritas dari keluarga mahasiswa untuk membantu mahasiswa lain yang lebih membutuhkan.

Baca juga: Biaya Kuliah di IPB, Cek Rincian UKT dan Uang Pangkalnya

Calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi tetap bisa mendaftar jalur mandiri. Karena penetapan SPPU sesuai kemampuan atau perekonomian dari orangtua calon mahasiswa.

Bahkan tidak menutup kemungkinan calon mahasiswa kuliah gratis di UGM dengan UKT Rp 0 alias gratis atau menggunakan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah).

Besaran SSPU di UGM

Lantas berapa besaran SPPU bagi calon mahasiswa yang diterima lewat jalur mandiri UGM?

Bagi calon mahasiswa yang diterima melalui jalur UM-CBT UGM pada tahun akademik 2023/2024 dan ditetapkan UKT Pendidikan Unggul (memiliki kemampuan ekonomi baik) dikenakan Sumbangan Solidaritas Pendidikan Unggul (SSPU) di UGM sebesar:

1. Rp 30.0000.000 untuk bidang Ilmu Sains, Teknologi, dan Kesehatan

2. Rp 20.000.000 (dua puluh juta Rupiah) untuk bidang Ilmu Sosial dan Humaniora.

Demikian jawaban mengenai adakah uang pangkal di jalur mandiri UGM yang perlu diketahui calon mahasiswa.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Universitas Paramadina dan Beasiswa yang Tersedia

Dari informasi ini bisa disimpulkan bahwa jalur mandiri UGM tidak ada uang pangkal. Hanya ada SSPU yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa dari perekonomian baik dengan UKT Pendidikan Unggul (memiliki kemampuan ekonomi baik).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com