Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa MAN IC Serpong Raih Medali Emas di Ajang IPITEX 2024

Kompas.com - 08/03/2024, 15:03 WIB
Sania Mashabi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tim siswa dari MAN Insan Cendekia (IC) Serpong berhasil meraih medali emas dalam ajang Internasional Intellectual Property, Invention, and Technology Exposition (IPITEX) 2024.

Acara yang berlangsung di pada 2-6 Februari 2024 di Thailand ini merupakan kompetisi inovasi, riset, dan penemuan teknologi yang rutin diselenggarakan oleh Dewan Riset Nasional Thailand atau The National Research Council of Thailand (NRCT) sejak tahun 1999.

Baca juga: Kemenag Akan Buka MAN IC di Sumedang, PPDB Dimulai Juni 2024

Dalam ajang itu, tim siswa MAN IC Serpong terdiri dari empat orang, yakni Muhammad Hammam Arfianda, Muhammad Atha Kesaka Yusel, Alya Astadewi Luthfianzah dan Hasya Amira Haikal. Keempatnya membuat terobosan adanya alat untuk mendeteksi penyakit demensia.

Demensia adalah sindrom kemampuan kognitif seperti gangguan mengingat, berbahasa, dan berperilaku yang disebabkan oleh neurodegeneratif pada otak.

"Suatu hal yang engga pernah disangka, bisa bawa penelitian ini dan dapat medali emas di IPITEX Bangkok. Semoga ini jadi titik awal agar penelitian ini dapat berkembang dan bermanfaat bagi banyak orang," kata salah satu anggota tim Atha, melalui keterangannya kepada Kompas.com, Jumat (8/3/2024).

Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan MAN IC Serpong, Erwin Supriatna menjelaskan, tim yang dibimbingnya memerlukan waktu tiga bulan untuk melakukan persiapan mengikuti kompetisi tersebut.

Satu bulan pertama, kata Erwin, tim mempersiapkan abstract, innovation description, serta poster and video presentation yang merupakan syarat preliminary.

Sedangkan dua bulan berikutnya melakukan persiapan tampil di final exhibition setelah dinyatakan lolos preliminary.

"Berlatih memaparkan kepada dewan juri apa dan bagaimana D-Adventure (tim siswa MAN IC Serpong) tersebut dalam melakukan deteksi demensia beserta keunggulan-keunggulannya," ujar Erwin.

Baca juga: Pendaftaran di 37 Man Unggulan sampai 17 Februari 2024, Ini Linknya

"Hingga mendesain dan membeli custom souvenir untuk pengunjung booth merupakan aktivitas yang kami jalankan dalam dua bulan sebelum keberangkatan ke Thailand," tambah Erwin.

Selain medali emas, tim The D-Adventure juga mendapatkan penghargaan khusus dari World Invention Intellectual Property Association (WIIPA).

Itu organisasi yang berpusat di Taiwan dan bergerak di bidang penelitian dan memiliki tujuan untuk mempromosikan penemuan, inovasi dan hak kekayaan intelektual di seluruh dunia.

Adapun IPITEX 2024 melibatkan 1.500 penemuan dan inovasi dari periset lokal dari Thailand dan lebih dari 500 penemuan dan inovasi dari banyak negara.

Baca juga: Siswa MAN 4 Jakarta Ini Diterima Kuliah di 8 Kampus Luar Negeri

Antara lain Canada, China, Chinese Taipei, Croatia, Egypt, Hong Kong-China, India, Indonesia, Iran, Japan, Laos, Macao-China, Malaysia, Pakistan, Philippines, Poland, Romania, Russia, Saudi Arabia, Singapore, South Korea, Sudan, United Kingdom, and Vietnam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com