Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenag Akan Buka MAN IC di Sumedang, PPDB Dimulai Juni 2024

Kompas.com - 04/03/2024, 18:44 WIB
Sania Mashabi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Agama (Kemenag) akan membuka Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) di Sumedang, Jawa Barat (Jabar).

MAN IC merupakan madrasah unggulan bidang sains dan teknologi (Saintek) yang menyiapkan lulusan yang memiliki keimanan dan ketakwaan. Lalu menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) dengan penggunaan kurikulum yang diintegrasi dari kurikulum Kemendikbud Ristek, Kemenag, pesantren, dan saintek.

Baca juga: 22.259 Siswa Ikut Seleksi Masuk MAN 2024, Paling Banyak di MAN IC

"Kami telah siapkan langkah-langkah strategis percepatan pendidikan MAN IC Sumedang Jawa Barat tahun 2024," Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Mochamad Sidik Sisdianto, dikutip dari laman resmi Kemenag, Senin (4/3/2024).

Sidik mengatakan, saat ini sudah ada 24 MAN IC yang tersebar di banyak provinsi, mulai dari Banten, Gorontalo, Jambi, Jawa Timur, Jawa Tengah, Lampung, dan Sumatera Selatan.

Hingga kini belum ada MAN IC di Provinsi Jabar, maka Kemenag berencana membuka MAN IC di Sumedang.

Sebelum dibangun MAN IC Sumedang, Kemenag telah melakukan survei kesiapan tiga kampus darurat sementara di tahun pertama.

Tiga lokasi itu adalah Yayasan Nurul Budiman Majalengka, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) PUI Center, dan Balai Diklat Bandung.

"Hasil komunikasi awal, tempat yang representatif adalah Balai Diklat Bandung. Rencana penggunaannya juga sudah disetujui oleh Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag," ungkap Sidik.

Pada pembukaan perdana, lanjut Sidik, madrasah ini akan menjadi filial MAN IC Serpong dan akan ada Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Khusus MAN IC Sumedang Jabar dengan skema khusus.

Baca juga: 24 MAN Insan Cendekia Buka 2.636 Kuota Siswa, Ini Rinciannya

"Penerimaan siswa baru ini rencananya dibuka Juni 2024," ujar dia.

Demikian juga dengan rekrutmen guru akan dilaksanakan pada Maret 2024 dan hasilnya diumumkan pada Mei 2024. Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan dan orientasinya.

"Kita juga mempersiapkan rekrutmen Guru dan Tenaga Pendidik (Tendik) MAN IC Sumedang, Jabar. Insya Allah diumumkan pada Maret 2024 dan hasilnya diumumkan Mei 2024. Mereka yang terpilih akan ikut pelatihan dan orientasi," tutur dia.

Sidik mengatakan, dirinya tengah memproses lahan pembangunan proses sertifikasi tanah atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar.

Baca juga: 11 MAN PK dan 2 MA Kejuruan Negeri Buka 779 Kuota, Ini Rinciannya

Kemudian akan ditindaklanjuti dengan sertifikasi tanah atas nama Kemenag yang ditargetkan selesai pada Maret 2024.

"Ke depan, kita juga akan mengajukan Pembangunan MAN IC Sumedang Jabar dengan skema SBSN pada 2025 melalui filial (cabang) dari MAN IC Serpong," pungkas Sidik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com