Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Link Latihan Soal UTBK SNBT 2024, Ada 7 Subtes dan 145 Soal

Kompas.com - 08/03/2024, 13:37 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siswa SMA sederajat kini bisa latihan soal Ujian Tulis Berbasis Komputer di Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2024.

Pendaftaran SNBT 2024 sendiri akan dibuka pada 21 Maret 2024. Jadi, masih ada kesempatan untuk belajar soal-soal UTBK sebelum tes pada gelombang 1 tanggal 30 April dan gelombang 2 pada tanggal 14 Mei 2024.

Latihan soal ini diberikan secara resmi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dan bisa dikerjakan lewat online sehingga bisa diakses di laptop, komputer, maupun handphone.

Baca juga: 4 PTN dengan Uang Pangkal Kedokteran Jalur Mandiri di Bawah Rp 150 Juta

Link latihan soal UTBK SNBT berisi contoh-contoh soal yang mewakili tujuh subtes UTBK SNBT. Tujuh subtes tersebut ialah Penalaran Umum; Pengetahuan dan Pemahaman Umum; Pemahaman Bacaan dan Menulis; Pengetahuan Kuantitatif; Literasi dalam Bahasa Indonesia; Literasi dalam Bahasa Inggris; dan Penalaran Matematika.

Soal latihan berjumlah 71 contoh soal. Sementara saat UTBK nanti, ada 145 soal yang dikerjakan.

Secara umum terdapat tiga bentuk soal yang ditampilkan dalam UTBK SNBT tahun 2024, yaitu:

  • soal pilihan ganda dengan lima pilihan jawaban (A, B, C, D, E);
  • soal pilihan majemuk kompleks yang ditampilkan dalam bentuk tabel dan memuat dua pilihan jawaban; dan
  • soal melengkapi rumpang (soal isian).

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran UI Jalur SNBP, SNBT dan Mandiri

Cara dan link latihan soal UTBK SNBT 2024

Dilansir dari laman SNPMB, soal-soal yang diberikan dalam situasi real pada UTBK SNBT Tahun 2024 dapat lebih mudah atau lebih sukar daripada contoh-contoh soal yang ditampilkan dalam laman latihan. Meski begitu, tidak ada salahnya mencoba.

Khusus UTBK SNBT, siswa akan mengerjakan 145 soal. Soal tersebut harus dikerjakan dalam waktu 195 menit atau 3 jam 15 menit. Berikut panduan lengkapnya:

1. Membuka link

Buka link https://simulasi-tes.bppp.kemdikbud.go.id/  untuk memulai simulasi UTBK.

Baca juga: STAN dan Politeknik Siber-Sandi Negara Syaratkan Nilai UTBK 2024

2. Mengisi data diri

Saat halaman muncul, siswa diminta mengisi nama lengkap dan asal sekolah atau instansi terlebih dahulu

2. Pilih Sub Tes

Tersedia beberapa subtes yang perlu dikerjakan.

Ada mata ujian Literasi Dalam Bahasa Indonesia, Literasi Dalam Bahasa Inggris, Pemahaman Bacaan dan Menulis, Penalaran Matematika, Penalaran Umum, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, dan Pengetahuan

Perhatikan waktu ujian saat tes berlangsung, maka akan muncul waktu yang berjalan saat tes. Sehingga kamu benar-benar bisa merasakan UTBK sesungguhnya.

4. Pembahasan Hasil Tes

Setelah simulasi selesai, maka akan muncul kunci jawaban beserta pembahasannya. Jadi kamu bisa dapat mengevaluasi serta memberikan pembahasan dari soal yang dikerjakan. Selain itu kamu bisa tahu skormu.

Dari informasi di atas, sudah siapkah mencoba latihan soal UTBK SNBT lewat link yang tersedia? Coba cek peluangmu dengan mengerjakan contoh soal yang ada. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com