Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gambarkan Perjuangan Perempuan, Siswa SMAN 6 Jakarta Ini Melukis Karya Cukup Siti Nurbaya

Kompas.com - 06/03/2024, 15:54 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu siswa SMAN 6 Jakarta, Gwen Luna menampilkan karya lukis dengan judul "Cukup Siti Nurbaya".

Karya lukis itu dipamerkan dalam pameran lukisan "Perempuan - Perempuan Tangguh" yang diselenggarakan di Hadiprana Gallery, Jakarta, pada 6 Maret hingga 30 April 2024.

Baca juga: 702.321 Siswa Ikut SNBP 2024, Paling Banyak Jenjang SMA

Setidaknya ada 30 pelukis perempuan Indonesia yang memamerkan karyanya dalam pameran ini.

Gwen mengaku, karya lukisnya terinspirasi dari lagu buku karangan Marah Roesli dan Dewa 19.

Di lagu itu, menampilkan sosok Siti Nurbaya dengan pose Liberty Leading the People ala lukisan Eugene Delacroix sebagai bentuk perlawanan terhadap sistem yang mengekang hidup perempuan.

"Dalam lukisan ini juga ditampilkan Joan of Arc yang menggambarkan kebeasan dan perjuangan perempuan," ucap Gwen yang saat ini duduk di kelas XII dalam keterangan resminya, Rabu (6/3/2024).

Pendiri Hadiprana Art Centre, Puri Hadiprana mengatakan, pameran itu merupakan rangkaian peringatan Hari Kartini yang diselenggarakan bersamaan dengan Hadiprana Fashion Week.

"Melalui kegiatan ini, kami berupaya untuk mengekspresikan anak-anak bangsa bisa berkarya dan bebas berekspresi di bidangnya masing-masing. Fashion dan seni lukis merupakan bagian dari seni, jadi kita tidak bisa mengotak-ngotakkan lagi. Kalau mau maju, harus ada fashion dan ada seni," jelas Puri.

Baca juga: Pendaftaran KJMU 2024 Dibuka, Mahasiswa Dapat Rp 9 Juta Per Semester

Puri berharap melalui pameran lukisan itu, para perempuan dapat menyadari talenta yang dimiliki dan dapat mengekspresikan diri melalui talenta yang dimiliki tersebut.

Ketua Umum Kongres Wanita indonesia (Kowani), Dr. Giwo Rubianto Wiyogo menambahkan, pameran dari Hadiprana Gallery yang diikuti 30 perupa wanita Indonesia ini membuktikan perempuan Indonesia adalah sosok yang kuat, tangguh, dan berdaya.

Dia menyampaikan apresiasi kepada Hadiprana Gallery dan 30 seniman wanita, karena telah mengusung dan memberikan karya terbaiknya untuk mempromosikan dan mengangkat sosok dan peran kaum perempuan-perempuan Indonesia.

Baca juga: 5 Alasan Siswa Membolos Sekolah, Hasil Riset Dosen UM Sidoarjo

“Sejarah kita membuktikan perempuan Indonesia adalah sosok yang kuat, tangguh, dan berdaya. Begitu banyaknya kiprah dan sumbangsih yang telah dilakukan oleh perempuan kepada Indonesia," tutup dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com