Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun Karakter Cinta Tanah Air, Sekolah Global Sevilla Gelar Drama Musikal "Bayu Wongso" di GKJ

Kompas.com - 06/03/2024, 11:54 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Sekolah Global Sevilla Puri Indah menggelar drama musikal "Bayu Wongso: Chronicles of Satawarna", di Gedung Kesenian Jakarta pada 5 Maret 2024 dengan melibatkan tidak kurang 300 siswa lintas jenjang.

Drama musikal yang mengangkat cerita rakyat Jawa Tengah sepenuhnya disampaikan dalam dialog bahasa Inggris dengan balutan parpaduan musik tradisional dan juga modern.  

Pemilihan cerita rakyat Jawa Tengah ini sekaligus menjadi komitmen Sekolah Global Sevilla dalam melahirkan lulusan dengan paparan internasional tanpa kehilangan jati diri bangsa yang mencintai Tanah Air.

"Kami sebagai sekolah SPK (satuan pendidikan kerja sama) ingin juga supaya siswa mengenal dan dekat dengan budaya Indonesia," jelas Primary Principal Sekolah Global Sevilla Puri Indah Aderini Kencana dalam konferensi pers yang digelar sebelum drama musikal berlangsung.

"Cerita ini membawa banyak nilai kearifan lokal. Jadi dari sini diharapkan siswa semakin dekat dengan budaya Indonesia," tambah Aderini Kencana yang juga menjadi Director drama musikal.

Aderini Kencana kembali menjelaskan, drama musikal ini menjadi sebuah proyek besar sekolah karena melibatkan siswa dari seluruh jenjang dari TK, SD, SMP, dan SMA.

School Superintendent Global Sevilla, Michael Thia dalam kesempatan sama menyampaikan drama musikal ini merupakan salah satu upaya membangun pendidikan holistik yang tidak hanya mengarusutamakan capaian akademik saja.

"Drama musikal ini tidak hanya mendidik anak akan nilai kerja keras, melainkan juga kreativitas, kolaborasi, membangun rasa percaya diri, disiplin, serta menjaga dan mencintai kearifan lokal," jelas Michael.

Meski Sekolah Global Sevilla, lanjut Michael, memiliki salah satu misi memberikan paparan dan pengalaman internasional kepada siswa, namun tidak serta merta mencabut karakter kebangsaan.

Baca juga: Nadiem Makarim: TPPK Jadi Garda Depan Wujudkan Sekolah Bebas dari Kekerasan

"Sebaliknya, siswa justru dibangun semangat nasionalismenya untuk mencintai karakter asal mereka sebagai bagian dari bangsa, mencintai Pancasila, dan juga mencintai budaya. Salah satunya melalui kegiatan ini, selain kegiatan lain seperti peringatan Hari Kemerdekaan dan hari nasional lain," ungkap Michael.

Drama Musikal "Bayu Wongso"

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com