Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Sekolah Harus Jadi Rumah Aman bagi Anak Belajar hingga Sosialisasi

Kompas.com - 03/03/2024, 16:17 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan sekolah harus menjadi tempat yang aman atau safe house bagi para siswa.

Menurut Jokowi, sekolah harus jadi tempat yang aman bagi siswa untuk belajar, bertanya, berkreasi, bermain dan, bersosialisasi.

"Sekolah harus menjadi safe house, harus menjadi rumah yang aman bagi siswa-siswa kita," kata Jokowi dikutip dari akun YouTube Resmi Sekretariat Negara, Minggu (3/3/2024).

Baca juga: Jokowi: Jangan Sampai Kasus Bullying Ditutupi untuk Lindungi Nama Sekolah

Jokowi mengatakan, tidak boleh ada siswa yang ketakutan, tidak nyaman atau tidak betah saat belajar di sekolah.

Ia pun berharap para guru bisa menjadi ujung tombak menciptakan lingkungan sekolah yang aman bagi anak-anak agar bisa menjadi sumber daya manusia unggul.

"Dan saya menaruh harapan besar pada Bapak-Ibu guru untuk menjadi ujung tombak untuk menciptakan sekolah yang nyaman, menciptakan lingkungan sekolah yang aman bagi anak-anak kita," ujarnya.

Selain itu, Jokowi mengaku sangat khawatir dengan banyaknya kasus perundungan atau bullying, kekerasan, dan pelecehan yang terjadi di sekolah.

Ia pun menegaskan hal semacam itu tidak boleh lagi terjadi dan dibiarkan tetap ada di sekolah yang seharusnya menjadi tempat aman.

"Ini tidak boleh terjadi lagi, dibiarkan berlarut," tuturnya.

Baca juga: P2G Tolak Penggunaan Dana BOS Sekolah untuk Program Makan Siang Gratis

Jokowi mengatakan, saat ini sering kali sekolah menutup-nutupi jika sekolahnya terjadi kasus bullying.

Namun, menurut Jokowi, dibanding harus menutupi, sekolah harusnya bisa menyelesaikan masalah yang ada dan melakukan pencegahan.

"Biasanya kasus bullying ditutup-tutupi untuk melindungi nama baik sekolah. Saya kira yang baik adalah menyelesaikan dan memperbaiki," jelas Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com