Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Lulusan Bachelor of Commerce JCU Singapore Ini Tumbuhkan Pasar Indofood di Kawasan Asia

Kompas.com - 05/03/2024, 09:33 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siapa sangka, berbekal kesukaan pada makanan membuat Malvin Harsobisono mendaftar bekerja dan diterima di salah satu perusahaan ternama di industri makanan dan minuman, Indofood.

Dari terbiasa makan dengan porsi besar sejak kecil, kini dia memasarkan produk-produk Indofood sebagai Regional Sales Representative di kawasan Asia, seperti Asia Tenggara, Asia Timur Laut, hingga Asia Tengah.

“Tugas saya adalah mengembangkan bisnis Indofood di beberapa negara Asia, termasuk kegiatan pemasaran dan operasional. Segala aktivitas yang berhubungan dengan produk-produk Indofood di negara tersebut saya yang responsible,” katanya kepada Kompas.com, Senin (19/2/2024).

Saat ini, Malvin memonitor pengembangan consumer branded product (CBP) Indofood, salah satu produk tersebut adalah Indomie.

Selain karena suka kulineran, Malvin memilih bekerja di Indofood karena ingin menerapkan apa yang dia dapatkan selama kuliah Bachelor of Commerce di James Cook University (JCU), Singapore.

Baca juga: Founder Polki Indonesia Terapkan Ilmu dari JCU Singapore untuk Raih Impian Jadi Wirausaha

Setelah lulus, dia diterima sebagai Business Analyst di Indofood selama dua tahun dan menjadi Business Analyst Supervisor kurang lebih selama setahun, khususnya untuk bagian ekspor.

Malvin mengatakan, beberapa skill yang dia dapatkan di JCU, Singapore sangat berguna dalam perkembangan kariernya sekarang, seperti kemampuan membaca financial statement, cash flow, hingga menganalisis data.

“Salah satu skill yang dari awal masuk hingga sekarang terpakai itu critical thinking, mengolah data, menganalisis data, hingga menampilkan data,” jelasnya.

Jika business analyst membuat Malvin lebih banyak berkecimpung dengan pengolahan data, kini dia lebih banyak menggunakan kemampuan decision making yang juga didapatkannnya selama kuliah di JCU, Singapore.

Pengalaman belajar di JCU, Singapore

Sebelum belajar di JCU, Singapore, Malvin sempat belajar selama kurang lebih empat tahun di Jepang guna memperlancar bahasa Jepangnya sekaligus mencicipi program studi (prodi) Biotechnology.

Baca juga: Kisah Lulusan JCU, Singapore yang Layani Jual Beli Properti dan Perusahaan dengan 50 Cabang di Indonesia

Kemudian, di JCU Singapore, dia memilih prodi Bachelor of Commerce karena ingin mencari prodi yang sesuai dan dengan pilihan lapangan pekerjaan lebih luas.

“Saya memilih JCU, Singapore karena universitas ini mendapatkan Edutrust STAR (akreditasi tingkat tinggi di Singapura), bisa lulus dalam dua tahun, dan dari kurikulumnya yang dipelajari lengkap dan terstruktur,” katanya. 

Pria asal Jakarta itu menjelaskan, Bachelor of Commerce di JCU, Singapore mengajarkan tentang finance, accounting, hingga hukum.

Malvin mencontohkan, salah satu skill yang dia dapatkan adalah kemampuan bekerja dalam tim karena pada semester akhir ada banyak proyek yang mengharuskannya bisa bekerja dalam tim. 

“Contohnya, kelompok ini kayak research tentang sebuah company. Kami melihat dari financial operations dan financial statement mereka bagaimana, ada juga pembelajaran kegiatan CSR dan lainnya,” paparnya. 

Baca juga: Resah dengan Masalah Lingkungan, Alumnus JCU, Singapore Ini Bantu Perusahaan Kurangi Dampak Perubahan Iklim

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com