Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelar OSMB, UT Taiwan Perkuat Akses Pendidikan Tinggi bagi Pejuang Devisa

Kompas.com - 03/03/2024, 12:17 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Terbuka Layanan Luar Negeri (UT-LLN) menggelar Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) bagi mahasiswa UT di Taiwan pada 3 Maret 2024 yang dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom.

Kegiatan ini merupakan kerja sama UT LLN Taiwan dan Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia Taipei (KDEI Taipei) dan bertujuan membekali mahasiswa baru dalam memahami proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) di UT agar sukses dalam menempuh studi.

Dalam laporannya, Badan Pelaksana OSMB Andika menyampaikan, peserta OSMB UT Taiwan diikuti 149 mahasiswa dari berbagai program studi (prodi) menambah 141 orang mahasiswa on going (sedang menempuh studi) di Taiwan.

Mereka berasal dari Prodi Manajeman 57 mahasiswa, Sastra Inggris Bidang Minat Penerjemahan 43 mahasiswa, Ilmu Komunikasi 22 mahasiswa, Ilmu Hukum 21 mahasiswa, Agribisnis dan Akuntansi masing-masing 2 mahasiswa, serta Ilmu Administrasi Negara dan Statistika masing-masing 1 peserta.

Dalam sambutan, Rektor UT Prof. Ojat Darojat menyampaikan ucapan selamat kepada mahasiswa baru di Taiwan yang berhasil bergabung bersama UT. Ia menegaskan, pihaknya terus berupaya meningkatkan layanan pembelajaran baik secara infrastruktur digital maupun kualitas.

"Pembelajaran dirancang secara khusus agar dapat menampung mahasiswa dalam jumlah yang besar dengan model belajar jarak jauh yang tidak mengharuskan mahasiwa datang ke kampus. Justru UT yang mendatangi mahasiswa, dimana pun mereka berada, baik yang ada di Indonesia maupun di luar negeri," ungkap Prof. Ojat.

Dalam kesempatan sama, Direktur UT Layanan Luar Negeri, Pardamean Daulay menyampaikan, "kami mengucapkan selamat atas kepercayaan teman-teman untuk memilih kuliah di UT. Kami memastikan pilihan teman-teman tidak salah alamat."

Ia menjelaskan UT mengimplementasikan model pembelajaran terbuka dan jarak jauh, mandiri dan sangat fleksibel. "Model ini sangat cocok dengan teman-teman yang saat ini berada di Taiwan sambil bekerja, sambil berkuliah di UT," ujar Pardamean.

Baca juga: Cara Cek Daftar Perguruan Tinggi KIP Kuliah 2024

Dia juga mengungkapkan bukan hal mudah untuk memutuskan bekerja sambil melanjutkan pendidikan tinggi. "Itu dua hal yang bagi banyak orang mungkin mustahil. Tetapi kami yakin teman-teman pasti bisa karena akan dibantu dengan sistem perkuliahan yang baik," ujarnya.

OSMB ini, lanjut Pardamean, menjadi bagian dari sistem pembelajaran yang akan membantu mahasiswa baru beradaptasi dalam belajar secara jarak jauh mulai dari mengikuti proses belajar, mengerjakan tugas, hingga mengikuti ujian.

Akses Pendidikan Tinggi untuk Pejuang Devisa

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com