Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mewujudkan Pemerataan Pendidikan Berkualitas lewat Inovasi Teknologi Pendidikan

Kompas.com - 28/02/2024, 18:38 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Pendidikan.id, platform yang mengembangkan produk dan layanan di bidang teknologi pendidikan, melalui CEO-nya, Santoso Suratso menegaskan pentingnya kolaborasi menjawab tantangan masih belum meratanya pendidikan berkualitas.

"Pendidikan merupakan tonggak utama dalam membangun masa depan suatu bangsa. Namun, menjalankan misi ini bukanlah tugas tunggal pemerintah atau individu semata, melainkan sebuah perjuangan bersama dari semua elemen masyarakat, industri, dan bisnis," ungkap Santoso.

Dia juga menegaskan pentingnya pembinaan literasi, numerasi, dan sains sejak dini guna membangun keunggulan yang signifikan bagi perkembangan anak-anak.

"Pemerintah mengajak putra-putri terbaik bangsa dari segala latar belakang untuk bersatu dalam membangun fondasi kokoh di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo menuju Indonesia Emas," jelasnya.

Hal ini memberikan semangat bagi semua pihak untuk berkontribusi dalam mewujudkan visi besar ini.

Namun, di balik semangat tersebut, tantangan besar masih menghadang. Salah satunya adalah sulitnya akses terhadap pendidikan berkualitas, terutama di daerah-daerah 3T yang masih tertinggal.

Kondisi ini menjadi fokus utama pemerintah dalam upaya mencapai kesetaraan pendidikan di seluruh pelosok negeri.

Terkait hal itu, Santoso Suratso menyampaikan, pihaknya melalui lebih dari 10 tahun riset dan pengembangan, berhasil menciptakan inovasi untuk memperkuat pendidikan merata dan adil melalui Kipin Classroom dan Kipin Max.

"Inovasi ini adalah 100 persen karya putra-putri Indonesia, sebuah karya yang membanggakan kita semua," ungkapnya.

Dia menjelaskan, Kipin menjadi harapan dalam membangun sekolah unggul yang terintegrasi di setiap kota dan desa, mengatasi tantangan transformasi digital yang dihadapi sekolah-sekolah masa kini.

Santoso juga menjelaskan, Kipin menyediakan menyuguhkan beragam materi pembelajaran berbasis kurikulum Kemendikbudristek dan Kemenag, termasuk materi Merdeka Belajar.

Baca juga: Padma Run Bandung 2024, Refleksi Semangat Sportivitas dan Peduli Pendidikan

Inovasi ini juga menyediakan 5.000 buku pendidikan sekolah, 2.000 video pembelajaran, 50.000 latihan soal tryout, 500 bacaan literasi pendidikan, dan 500 buku aktivitas untuk anak.

"Selain itu dalam Kipin juga sudah termasuk software untuk kegiatan asesmen atau ujian, sehingga kegiatan evaluasi pembelajaran di sekolah menjadi mudah, simple, efektif dan murah tanpa butuh kertas lagi," jelasnya.

Inovasi Akses Tanpa Koneksi Internet

Halaman Berikutnya
Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com