Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Pendidikan Yordania Dukung Penguatan Pesantren di Indonesia

Kompas.com - 26/02/2024, 19:27 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Ketua ASFA Foundation Komjen Pol (Purn) Dr. Syafruddin Kambo bertemu Menteri Pendidikan Tinggi dan Riset Yordania Prof. Dr. Azmi Mahafidzoh dan Menteri Wakaf Syaikh Prof. Dr. Muhammad Ahmad Al-Kholaila di Amman Yordania.

Pada pertemuan itu, Menteri Pendidikan Yordania menyambut baik program ASFA Foundation dalam rangka percepatan dan pengembangan SDM yang berbasis pada penguatan lembaga pendidikan dan pesantren di Indonesia.

Baca juga: Dukung Digitalisasi Pesantren, Kemenag Beri Bantuan 1.080 Laptop

"Indonesia merupakan negara penting dan mempunyai hubungan dekat dengan Yordania," kata dia dalam keterangan resminya, Senin (26/2/2024).

Menteri Wakaf juga menyambut baik program-program ASFA Foundation dalam pengembangan wakaf-wakaf produktif.

Syafruddin menyampaikan, ASFA Foundation saat ini ikut terlibat aktif dalam menyambut Indonesia Emas tahun 2045 melalui penyiapan bonus demografi yang akan dimulai pada tahun 2030.

Pertemuan didampingi oleh Duta Besar RI untuk Kerajaan Yordania dan merangkap untuk Palestina Ade Padmo Sarwono, Wasekjen MUI Pusat, Dr. Ali Hasan Al-Bahar, Wakil Ketua Wakaf ASFA, KH. Anizar Masyhadi, Muhammad Ilham Effendi, Alamsyah, dan Pangeran Arsyad.

Dia juga sempat bertemu dengan Sekjen Jordan Hashimate Charity Organization (JHCO), Dr. Husein Muhammad As-Sibly dalam rangka membahas bantuan kemanusiaan kepada rakyat Palestina.

Baca juga: 5.000 Pesantren Ditargetkan Terima Bantuan Inkubasi Bisnis 2024

Yordania adalah satu-satunya negara yang mempunyai akses panyaluran bantuan ke Gaza melalui udara, dan menampung 2.5 juta pengungsi rakyat Palestina.

Kerajaan Yordania menjadi penjaga situs suci Jerussalem (Masjidil Aqsa) sejak 1924 dan mengelola 120 masjid yang ada di Yerusalem.

Baca juga: Beasiswa Santri Baznas 2023 Dibuka, Ada Bantuan Rp 4 Juta Per Siswa

Raja Yordania Abdullah II secara resmi mendapat gelar Custodian of Holy Sites in Jerusalem.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com