Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kolaborasi Gramedia dan PT KCI, Hadirkan Kegiatan Baca Buku di KRL

Kompas.com - 23/02/2024, 18:53 WIB
Sania Mashabi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gramedia dan PT Kereta Api Commuter Indonesia (KCI) berkerja sama membuat instalasi untuk para penumpang membaca buku di stasiun.

Digital, Marketing, & Merchandising Director Gramedia, Sugiarto menjelaskan, instalasi ini mirip, seperti perpustakaan mini yang menyediakan banyak buku bacaan untuk penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) Commuterline.

Baca juga: Kemendikbud Buka Lowongan Kerja Penerjemah Buku Anak-anak

"Dengan makin banyak dan makin mudah cara mengakses fasilitas baca gratis di ruang publik, tinggal ambil, baca, dan kembalikan kami berharap kegemaran membaca masyarakat makin tumbuh berkembang," kata Sugiarto di Stasiun KRL Jakarta Kota, Jumat (23/2/2024).

Sugiarto mengatakan, pada tahap awal ini, instalasi buku baru akan ada di dua stasiun, yakni Jakarta Kota dan Bogor. Di dua stasiun itu akan ada 200 buku fisik dan 500 e-book yang bisa diakses.

Sugiarto menuturkan, jika nantinya ada permintaan untuk menambah instalasi buku di stasiun yang lain, maka pihak Gramedia akan kembali memberikan fasilitas.

Tidak hanya Gramedia, kata Sugiarto, pelanggan KRL juga nantinya bisa ikut menyumbangkan buku ke instalasi yang tersedia.

Namun buku yang diberikan akan dikurasi terlebih dahulu oleh Gramedia dan para volunteer, agar buku yang disediakan sesuai dengan tujuan pengadaan dan penumbuhan minat baca.

"Ada kurasi dulu, jangan sampai nanti melenceng dari tujuan," ujarnya.

"Bila kegiatan ini didukung dan disambut baik masyarakat, kami siap berkolaborasi dengan lembaga dan instansi lain untuk bersama-sama menyebarluaskan virus cinta membaca di seluruh Nusantara," lanjut Sugiarto.

President Director PT Kereta Commuter Indonesia, Asdo Artriviyanto mengatakan, sebelum ada instalasi ini, KAI memang sudah memiliki pojok baca di dekat lokasi stasiun.

Baca juga: Skor Literasi Membaca PISA 2022: Indonesia Turun 12 Poin

Namun pojok baca itu mendadak tidak beroperasi, karena terhalang pandemi Covid-19, hingga akhirnya banyak karyawan dan pelanggan KAI yang meminta agar pojok baca itu kembali diadakan.

"Saya tanya (ke pegawai) itu masih mau diteruskan tidak? Kalau mau, kita perbaiki kita rawat dengan baik. Supaya jadi tempat yang nyaman, jadi meeting poin (penumpang) dan menunggu di tempat ruang baca sambil nge-charge (HP)," kata Asdo.

Asdo menjelaskan, nantinya pengguna KRL bisa membaca buku sampai di dalam kereta, kemudian bisa mengembalikan buku yang dibaca ke stasiun terdekat yang menyediakan instalasi, yakni Stasiun Jakarta Kota dan Stasiun Bogor.

Asdo berharap, nantinya para penumpang KRL yang menikmati fasilitas instalasi buku bisa berkomitmen untuk mengembalikan buku ke rak yang telah disediakan.

Baca juga: Perpusnas Akan Salurkan Buku ke 10.000 Perpustakaan Desa hingga TBM

"Khusus pengguna Commuter Line Bogor, buku dapat dibawa dari rak buku yang disediakan Gramedia di Stasiun Jakarta Kota, kemudian dikembalikan lagi ke rak buku di stasiun tempat tujuan, yaitu Stasiun Bogor maupun sebaliknya," tutup Asdo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com