Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Jalur Mandiri Bisa Pakai KIP Kuliah 2024? Calon Mahasiswa Cek

Kompas.com - 21/02/2024, 09:16 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Apakah jalur mandiri bisa pakai KIP Kuliah 2024? Pertanyaan ini mungkin muncul di benak para calon mahasiswa yang khawatir gagal masuk perguruan tinggi negeri (PTN) lewat jalur SNBP maupun SNBT 2024.

Pendaftaran KIP Kuliah 2024 sudah dibuka sejak 12 Februari 2024 lalu dan bisa dimanfaatkan calon mahasiswa yang hendak mendaftar ke PTN lewat jalur SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi).

Lantas apakah jalur mandiri bisa pakai KIP Kuliah 2024?

Jawabannya adalah bisa. Pasalnya KIP Kuliah 2024 memberikan bantuan biaya kuliah maupun biaya hidup bagi calon mahasiswa yang hendak mendaftar di PTN semua jalur yakni SNBP, SNBT dan jalur mandiri hingga di kampus swasta.

Baca juga: Apakah Uang KIP Kuliah Boleh untuk Beli Laptop? Ini Penjelasannya

KIP Kuliah 2024 bisa digunakan untuk jalur mandiri

Besaran bantuan yang akan diterima calon mahasiswa yang mendaftar KIP Kuliah 2024 di jalur mandiri juga sama.

Perlu diketahui para calon mahasiswa bahwa, KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi.

Adanya program KIP Kuliah ini sangat membantu siswa berprestasi dari kalangan kurang mampu agar bisa melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi.

Calon mahasiswa yang berencana mendaftar di jalur mandiri 2024 menggunakan KIP Kuliah 2024, berikut besaran biaya pendidikan dan bantuan hidup KIP Kuliah 2024 yang perlu kamu ketahui.

Mahasiswa penerima KIP Kuliah akan menerima bantuan biaya hidup yang dapat digunakan sepenuhnya oleh mahasiswa untuk memenuhi berbagai kebutuhan selama kuliah dan tidak boleh dimanfaatkan perguruan tinggi untuk tambahan biaya pendidikan apapun.

Baca juga: Ini Dokumen Pendukung Keadaan Ekonomi untuk Daftar KIP Kuliah 2024

Besaran bantuan kuliah dan biaya hidup KIP Kuliah 2024

Biaya pendidikan diusulkan oleh Perguruan Tinggi kepada Puslapdik dengan besaran berbeda tergantung akreditasi masing-masing prodi, yakni:

  • Prodi dengan Akreditasi A maksimal sampai Rp 12 juta
  • Prodi dengan Akreditasi B maksimal sebesar Rp 4 juta
  • Prodi dengan Akreditasi C maksimal sebesar Rp 2,4 juta.

Dengan jaminan biaya pendidikan ini, perguruan tinggi tidak boleh lagi meminta mahasiswa untuk membayar tambahan biaya pendidikan.

Sedangkan bantuan biaya hidup bagi mahasiswa penerima KIP Kuliah 2024 diberikan dalam 5 klaster wilayah biaya hidup. Berikut rinciannya:

  • Rp 800.000 per bulan
  • Rp 950.000 per bulan
  • Rp 1,1 juta per bulan
  • Rp 1,25 juta per bulan
  • Rp 1,4 juta per bulan

Bantuan biaya hidup KIP Kuliah 2024 ini berdasarkan hasil survei besaran biaya hidup kota atau kabupaten dan survei sosial ekonomi nasional oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Baca juga: Ketahui Syarat dan Cara Daftar Jalur Mandiri Undip

Demikian informasi mengenai apakah jalur mandiri bisa pakai KIP Kuliah yang perlu diketahui calon mahasiswa.

Sehingga calon mahasiswa yang ingin mendaftar jalur mandiri tapi kekurangan finansial, bisa mendaftar KIP Kuliah 2024 sesuai jadwal yang ditentukan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com