Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Daftar SNBP 2024, Siswa "Eligible" Simak Tahapannya

Kompas.com - 14/02/2024, 09:56 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Cara daftar SNBP 2024 (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) perlu diketahui siswa eligible yang sudah melakukan Simpan Permanen.

Pendaftaran SNBP 2024 resmi dibuka hari ini dan akan ditutup pada 28 Februari mendatang. SNBP 2024 merupakan seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang pertama dibuka.

Siswa kelas 12 yang masuk dalam daftar siswa eligible bisa melakukan pendaftaran SNBP 2024 melalui https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id atau https://snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

Baca juga: Daftar KIP Kuliah atau SNBP 2024 Dulu? Simak Jawabannya

Cara daftar SNBP 2024

Berikut cara daftar SNBP 2024 yang perlu diketahui calon mahasiswa:

1. Login di portal SNBP menggunakan email dan password yang sudah didaftarkan

2. Lengkapi data orangtua pada halaman Profil

3. Daftar SNBP dengan cara mengisi pilihan prodi melalui halaman Pilihan

4. Unggah portofolio apabila prodi yang dipilih mensyaratkannya. Namun, jika prodi yang dipilih tidak mensyaratkannya, maka halaman ini tidak perlu diisi.

5. Isi prestasi pada halaman Prestasi. Pengisian ini sifatnya tidak wajib ada.

6. Lakukan finalisasi pada halaman Finalisasi jika sudah memeriksa semua data dan yakin tidak ada yang salah. Isian data tidak bisa dibatalkan atau diubah.

7. Unduh dan cetak kartu peserta SNBP.

Baca juga: Cek Daya Tampung Politeknik Negeri Jakarta di SNBP 2024

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan calon mahasiswa yang mendaftar SNBP 2024. Apabila kamu dinyatakan tidak memenuhi syarat akan memperoleh tampilan notifikasi "Mohon maaf, Anda tidak berhak mengikuti SNBP 2024. Silakan mengikuti SNBT 2024. Anda akan otomatis logout dalam 30 detik."

Apabila calon mahasiswa belum melakukan tahapan Simpan Permanen, maka akan muncul tulisan, "Data Anda belum permanen, pastikan data Anda sudah permanen pada portal SNPMB. Anda otomatis akan logout dalam 30 detik."

Karena masa registrasi akun SNPMB (Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru) masih buka hingga 15 Februari 2024, kamu masih melakukan pembuatan akun SNPMB dan melakukan Simpan Permanen.

Baca juga: Siapkan 11 Portofolio SNBP 2024 untuk Daftar Prodi Olahraga dan Seni

Demikian informasi mengenai cara daftar SNBP 2024 yang perlu diketahui siswa eligible. Segera lakukan pendaftaran SNBP 2024 karena masa pendaftaran akan ditutup pada 28 Februari mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com