Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Jadi Salah Satu Negara dengan Jumlah Murid Tangguh Tertinggi

Kompas.com - 01/02/2024, 19:27 WIB
Sania Mashabi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Director for the Directorate of Education and Skill Organization OECD, Andreas Schleicher mengatakan, Indonesia berada di posisi keempat dengan jumlah murid tangguh di antara negara yang tergabung dalam OECD.

Menurut Andreas, Indonesia bisa berada di posisi tersebut karena nilai Programme for International Student Assessment (PISA) yang cukup baik pada 2022.

Baca juga: Hasil Asesmen Nasional Dinilai Lebih Komprehensif ketimbang PISA

PISA adalah studi internasional yang diikuti Indonesia sejak tahun 2000, dengan alasan Indonesia mengutamakan transparansi daripada pemantauan kualitas belajar dan untuk melihat relatif dengan negara lain.

PISA mengukur kemampuan literasi membaca, literasi matematika, dan sains pada siswa yang berusia 15 tahun di berbagai negara yang ikut dalam PISA.

"Yang paling mengejutkan saya adalah Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah murid tangguh tertinggi," kata Andreas dikutip dari akun YouTube Kemendikbud Ristek, Kamis (1/1/2024).

Andreas mengatakan, murid-murid di Indonesia mayoritas berasal dari keluarga yang kurang beruntung, tapi ternyata masih menunjukkan kemampuan pendidikan yang sangat bagus meski dalam kondisi pandemi Covid-19.

Hal ini, lanjut Andreas, juga dipengaruhi oleh para guru di Indonesia yang banyak memberikan dukungan untuk para murid ketika pandemi.

"Murid-murid Indonesia dilaporkan mendapatkan salah satu level dukungan tertinggi dari para guru," ujarnya.

Baca juga: Nadiem Optimistis Indonesia Bisa Samai Skor PISA Negara Maju di 2045

"Mereka merasa bahwa para guru sangat memperhatikan mereka, anda tahu memahami Siapa mereka mereka ingin menjadi apa mereka dalam perjalanan itu bahkan selama sekolah-sekolah ditutup," tambah Andreas.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim sudah merilis hasil studi PISA tahun 2022.

Hasilnya, peringkat Indonesia di PISA 2022 naik sebanyak 5-6 posisi dibandingkan tahun 2018.

Baca juga: Alasan Skor PISA 2022 Indonesia Turun tapi Peringkat Naik

"Alhamdulillah peringkat Indonesia di PISA 2022 naik sekitar 5 sampai dengan 6 posisi dibandingkan 2018," kata Nadiem saat merilis hasil PISA 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com