Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng CGFNS, ITC Luncurkan GPVault dan ISPN Dukung Karier Global Keperawatan

Kompas.com - 01/02/2024, 07:00 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - International Test Center (ITC), perwakilan resmi CGFNS International di Indonesia, meluncurkan CGFNS Global Passport Vault (GPVault) dan International Standards for Professional Nurses (ISPN).

Program GPVault merupakan layanan baru dan gratis yang memungkinkan perawat menyimpan dokumen evaluasi kredensial (verifikasi kualifikasi tenaga kesehatan) sejak mahasiswa, sehingga memudahkan proses mobilitas global ketika lulus dan menjadi perawat berlisensi.

Sedangakn ISPN adalah ujian keperawatan berstandar internasional yang dirancang sebagai benchmarking dengan mengadopsi standar internasional, sehingga memudahkan perawat dalam mobilitas dan pengembangan karier.

Acara peluncuran mengangkat tema "Bridging Borders: Empowering Nurses for Global Mobility" diadakan pada 30 Januari 2024, dan dihadiri tokoh-tokoh penting dunia perawatan kesehatan dan mobilitas global.

Dalam kesempatan tersebut, CEO International Test Center, Jenny Lee menjelaskan program GPVault yang diprakarsai CGFNS merupakan terobosan baru dalam pendidikan dan pengembangan karier keperawatan.

"Layanan tanpa biaya dan inovatif tersebut, saat ini akan memungkinkan mahasiswa keperawatan tahun ketiga dan keempat menyimpan dokumen evaluasi kredensial mereka dengan aman," jelasnya.

"GPVault menawarkan platform dinamis untuk pengelolaan yang lancar dan berbagi informasi penting," tambah Jenny Lee.

Jenny Lee melanjutkan, kolaborasi antara International Test Center dan CGFNS adalah contoh cerdas tentang apa yang dapat dicapai ketika organisasi-organisasi visioner bekerja sama untuk mengangkat profesi yang menjadi inti dari perawatan yang penuh cinta kasih.

“Kepada mahasiswa dan lulusan keperawatan di Indonesia, raihlah peluang yang dihadirkan GPVault dan ISPN. Jadikan peluncuran ini menjadi katalis bagi perjalanan global Anda, di mana keterampilan, dedikasi, dan keahlian Anda melampaui batas," pesan Jenny Lee.

"Bersama-sama, kita ciptakan masa depan di mana setiap potensi perawat diakui dan dirayakan di panggung dunia,” tegas Jenny Lee.

Dalam peluncuran program tersebut diberikan pula penghargaan terhadap komitmen perguruan tinggi dalam mendukung program GPVault, ITC dan CGFNS dalam bentuk Partnership Initiative Award kepada 14 Perguruan Tinggi terakreditasi nasional.

Ke-14 perguruan tinggi tersebut adalah: Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Syiah Kuala, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Universitas Dirgantara Marsekal Suryadharma, dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Baca juga: Indonesia dan Australia Jalin Kerja Sama di Bidang Keperawatan, Selaraskan Standar Layanan Kesehatan

Selain itu ada pula Politeknik Kesehatan Kemenkes Surabaya, Politeknik Kesehatan Kemenkes Pontianak, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang, Politeknik Kesehatan Kemenkes Yogyakarta, Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta III, Stikes Budi Luhur Cimahi, Politeknik Harapan Bersama Tegal, dan Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri.

Tantangan global karier keperawatan

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com