Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Handa Abidin Diangkat Jadi Rektor PresUniv, Agendakan Diplomasi dan Devisa Bidang Pendidikan

Kompas.com - 31/01/2024, 14:03 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Handa Abidin secara resmi menjabat sebagai Rektor President University (PresUniv) menggantikan Prof. Chairy. Pelantikan rektor baru PresUniv dilaksanakan pada Rabu, 31 Januari 2024 di Kampus PresUniv, Cikarang, Bekasi. 

Handa lahir di Jakarta tahun 1985 dan berdasarkan data Pangkalan Data Pendidikan Tinggi per 31 Januari 2024, Handa menjadi rektor termuda dengan usia 38 tahun untuk perguruan tinggi terakreditasi A atau Unggul dari Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi.  

Handa menyelesaikan pendidikan S1-nya di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, melanjutkan S2 di George Washington University Law School, Amerika Serikat, dan pendidikan S3 di University of Edinburgh, Inggris.

Handa bergabung di President University sejak tahun 2016 dengan posisi sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik.

Selain menjadi dosen Prodi Hukum, Fakultas Humaniora PresUniv, Handa adalah seorang advokat dengan bidang keahlian hukum bisnis dan hukum internasional. Saat ini Handa juga menjadi anggota Komisi Etik di Asosiasi FinTech Pendanaan Bersama Indonesia.

Chairman Grup Jababeka dan Pendiri PresUniv, DR SD Darmono dalam kesempatan pelantikan rektor baru menegaskan, PresUniv tidak boleh berhenti mengembangkan diri untuk terus menjadi lebih baik.

“Untuk bisa terus maju dan berkembang, kita perlu merekrut orang-orang muda,” kata Darmono. Itu pula yang menjadi pertimbangan President University ketika mengangkat Handa S. Abidin sebagai Rektor. Usia Handa saat ini adalah 38 tahun.

Agar President University terus maju dan berkembang, lanjut Darmono, selain merekrut banyak orang muda, kunci lainnya adalah pada inovasi.

“Negara kita sekarang ini sangat serius mendorong inovasi. Dan, President University harus ikut memberikan dukungannya,” tegas Darmono. Agar mampu terus berinovasi, katanya, peran riset menjadi sangat penting.

“Dari mana datangnya gagasan riset? Dari inspirasi. Dan, inspirasi itu datangnya dari universitas, termasuk dari President University,” jelasnya. 

Baca juga: Rektor UKSW Ajak 1.095 Lulusan Jadi Agen Perubahan yang Kritis, Inovatif, dan Cerdas

Capaian Prof. Chairy

Dalam kesempatan sama, Ketua Yayasan Pendidikan Universitas Presiden (YPUP), Prof. Budi Susilo menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Prof. Chairy, rektor PresUniv sebelumnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com