Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar CPNS 2024? 8 Instansi Buka Formasi Lulusan SMA dan SMK

Kompas.com - 31/01/2024, 13:28 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendaftaran Calon Aparatur Negeri Sipil (CASN) 2024 rencananya akan dibuka tiga kali dalam setahun.

Seleksi periode pertama rencananya akan dilakukan pada pekan ke-3 Maret 2024 untuk formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan sekolah kedinasan.

Lalu, seleksi kedua dibuka pada Juli 2024 yang ditujukan untuk formasi CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Sementara seleksi gelombang ketiga rencananya akan dibuka pada akhir Agustus yang ditujukan bagi formasi CPNS dan PPPK.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Dibutuhkan di Seleksi CPNS

Sementara bagi lulusan SMA, SMK sederajat, tentunya jadwal pendaftaran CASN 2024 perlu kamu cek berkala agar tak terlewati tanggalnya.

Namun sembari menunggu jadwal CASN 2024 secara resmi, ketahuilah ada sejumlah kementerian dan instansi juga membuka formasi bagi lulusan SMA/SMK sederajat.

Berdasarkan rekrutmen atau seleksi CASN tahun 2023 dari laman SSCASN, ada banyak kementerian yang menerima lulusan SMA atau SMK.

Mana saja itu? Berikut ini daftar kementerian dan instansi yang membuka formasi untuk lulusan SMA/SMK pada penerimaan CASN 2023 maupun pada tahun sebelumnya:

8 Kementerian atau badan yang buka formasi lulusan SMA, SMK

1. Kejaksaan Agung

Kejaksaan Agung sudah mengumumkan formasi CPNS 2023. Berdasarkan informasi yang diunggah akun Instagram @biropegkejaksaan, pada seleksi tahun 2023 Kejaksaan RI membuka sebanyak 7.846 formasi CPNS.

Formasi yang dibuka untuk lulusan SMA, SMK adalah Petugas Barang Bukti dan Penjaga Tahanan.

2. Badan Intelijen Negara

Berdasarkan CPNS pada tahun sebelumnya, Badan Intelijen Negara juga membuka sejumlah formasi untuk lulusan SMA/SMK sederajat, seperti pengadministrasian rekam medis dan informasi serta pramu laboratorium.

Baca juga: Kisah Eka, Anak Penjaga Masjid Lolos 2 Beasiswa LPDP ke Luar Negeri

3. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional

BKKBN pada seleksi CPNS 2033 juga membuka kuota bagi lulusan SMA, SMK untuk posisi Pemula - Petugas Lapangan Keluarga Berencana di beberapa regional.

4. Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) 

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com