Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PPM School of Management dan Deloitte Kolaborasi Perkuat "Family Business" di Indonesia

Kompas.com - 18/01/2024, 21:07 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - PPM School of Management dan Deloitte Indonesia berkolaborasi mendukung pengembangan family business atau bisnis keluarga di Indonesia. Seremoni pengumuman kerja sama diadakan dalam CEO Gathering melibatkan alumni dan jaringan dari kedua pihak.

CEO Gathering yang diadakan pada 18 Januari 2024 ini mengangkat tajuk “A Path to Long-Term Success for Family Business” dan menjadi wadah bagi peserta mendapatkan berbagai pencerahan strategi pengelolaan bisnis keluarga dari para pelaku bisnis dan ahli.

Selain menjadi ajang pembelajaran, CEO Gathering juga menciptakan peluang untuk menjalin jaringan, memperluas wawasan, dan membuka pintu bagi kolaborasi yang berpotensi membawa bisnis keluarga ke tingkat baru.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua PPM School of Management AC Mahendra K Datu menyampaikan, kolaborasi ini merupakan satu langkah awal di mana pihaknya melihat PPM School of Management adalah sekolah manajemen terapan yang butuh masukan dari dunia luar.

“Mitra-mitra kami dari industri, goverment, termasuk dari institusi dari Deloitte Indonesia. Nama besar Deloitte tentu sudah jaminan bahwa kami bermitra dengan pihak yang tepat," ungkap AC Mahendra K Datu seperti dikutip dari rilis resmi (18/1/2024).

"Ini bukan hanya berhenti di sini. Kami ingin stakeholder kami, sebagian besar mahasiswa kami, juga alumni yang memegang tampuk pimpinan di perusahaan, kepemerintahan menjadi konsultan, tahu bahwa PPM tetap relevan, mengikuti zaman, mengikuti isu-isu terbaru,” harapnya.

“Jadi menurut kami, kolaborasi ini adalah langkah yang sangat tepat bukan hanya bagi kami tetapi juga bagi Deloitte untuk membangun sebuah layanan, di mana perusahaan keluarga mendapatkan benefit seperti suksesi, tata kelola, karena tata kelola dalam bisnis keluarga berbeda dengan tata kelola di bisnisman keluarga, yang selanjutnya tak kalah penting sustainabilytas,” lanjutnya.

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Keluarga

Integrasi dalam kurikulum

Mahendra menyampaikan, dalam kerja sama terkait dengan pembelajaran bisnis keluarga ini pihaknya telah menerapkan dalam kurikulum di PPM School, walaupun dalam pesan-pesan kecil. Namun ke depan, pihaknya akan membangun sebuah set khusus dalam mata kuliah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com