Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Farmasi Uhamka Bantu Berdayakan Keluarga Dhuafa di Bogor

Kompas.com - 03/01/2024, 16:45 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Mahasiswa Farmasi FFS Uhamka melaksanakan kegiatan pemberdayaan keluarga dhuafa di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa secara berkelompok dengan berkolaborasi bersama dosen mata kuliah Muhammadiyah.

 

Dengan tujuan, agar bisa membentuk pengamalan dan pembelajaran kepada mahasiswa dalam melaksanakan isi kandungan di surat Al-Maun, yakni bisa saling membantu dan memberikan kepedulian terhadap sesama manusia.

Baca juga: Siswa dan Mahasiswa, Ini Daftar 27 Hari Libur pada Tahun 2024

Salah satu kelompok yang mengadakan kegiatan pemberdayaan terhadap keluarga dhuafa, yakni kelompok 9 yang beranggotakan Anisah Aulia Utami, Husnul Hafifah, dan Tessa Ana Destiana.

Mereka mengadakan pemberdayaan kepada ibu Paisah yang merupakan salah satu keluarga dhuafa yang berada di Cileungsi, Bogor.

Paisah yang berusia 60 tahun merupakan seorang istri dari Saiful yang telah memiliki 3 orang anak yang salah satunya mengidap penyakit diabetes melitus.

Paisah dan keluarganya tinggal bersama di sebuah rumah kontrakan yang kurang layak huni.

Dia bersama suaminya bekerja mengumpulkan rongsokan. Namun, pengahasilan yang didapatkannya kurang mencukupi kebutuhan hidup dan mengobati penyakit anaknya.

Karena keterbatasan dari keluarga Paisah, itu menjadikan kelompok 9 mahasiswa Farmasi Uhamka membantu Paisah dengan memberikan bantuan modal dan bahan baku yang diharapkan mampu mengurangi kesulitan dalam kehidupan.

Anisah yang merupakan salah satu anggota kelompok 9 mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan bersama kedua rekannya (Husnul dan Tessa) sangat menyenangkan dan memberikan banyak pembelajaran yang berharga.

"Karena dapat turut ikut andil secara langsung dalam kesempatan mengikuti kegiatan pemberdayaan sebagai bentuk pengamalan kandungan ayat dari surah Al-Maun yang ada di dalam Al Quran," kata dia dalam keterangan resminya, Rabu (3/1/2024).

Anisah menyebut pelaksanaan kegiatan pemberdayaan kepada keluarga Paisah dilaksanakan pada 31 Desember 2023. Anisah bersama rekannya mengunjungi kediaman Paisah yang berada di Kampung Rawahingkik, pada RT 001/RW 008, Kelurahan Cileungsi, Kecamatan Cileungsi, Kota Bogor.

Baca juga: 37 PTN Berstatus Akreditasi Unggul dari BAN-PT hingga Awal 2024

Husnul mengucapkan terima kasih banyak dan bersyukur kepada semua kalangan yang telah andil dalam kegiatan ini, sehingga berjalan sukses dan lancar.

"Alhamdulillah kegiatan yang telah kami lakukan dari November sampai akhir Desember dengan membuka penggalangan dana untuk membantu keluarga Paisah terlaksana dengan baik dan berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 1.875.000," ungkap Husnul.

"Dana tersebut berasal dari penggalangan dana yang dilakukan baik melalui media online maupun offline. Dengan dana tersebut, kami gunakan untuk membeli kebutuhan yang diperlukan untuk membantu modal usaha ibu Paisah," tambah Husnul.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com