Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Jurusan Kuliah untuk Bekerja di Perusahaan "E-commerce"

Kompas.com - 01/01/2024, 09:30 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seiring majunya teknologi, bidang electronic commerce atau e-commerce  semakin berkembang. Bahkan, saat ini e-commerce sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat di Indonesia.

Pengertian e-commerce tidak hanya mencakup kegiatan belanja dan jualan online saja. Tetapi juga berbagai aktivitas yang melibatkan transaksi online. Seperti internet banking dan e-wallet, hingga pemesanan tiket, akomodasi hingga lelang online.

Oleh karena itu, sumber daya manusia (SDM) yang ahli atau paham di bidang e-commerce juga makin dibutuhkan di masa yang akan datang. Hal ini menyebabkan peluang kerja di bidang e-commerce juga semakin besar.

Baca juga: IPB Buka Fakultas Kedokteran, Sekian Biaya Kuliah dan Uang Pangkalnya

3 jurusan kuliah untuk berkarier di bidang e-commerce

Dilansir dari laman Institut Teknologi Batam (Iteba), Minggu (31/12/2023) berikut 3 jurusan kuliah yang sangat cocok untuk berkarier di bidang e-commerce:

1. Jurusan Bisnis

Meskipun merupakan bagian dari industri digital, e-commerce tetaplah sebuah bisnis. Tidak ada salahnya apabila calon mahasiswa memilih kuliah di jurusan bisnis sebelum terjun ke industri e-commerce.

Dengan belajar bisnis, kamu bakal punya pemahaman yang lebih baik tentang seluk beluk bisnis termasuk bisnis digital.

Baca juga: Kisah Lulusan S2 Ini Sukses Bangun Bisnis Digital untuk UMKM

Baca juga: 6 Cara Mencari Surat Rekomendasi untuk Daftar Beasiswa LPDP 2024

2. Jurusan statistik

Dalam industri digital, termasuk e-commerce, data sangat diperlukan. Adanya data dan pengolahan data yang bagus, maka bisnis e-commerce juga bisa berkembang karena memiliki prediksi yang presisi.

Strategi bisnis serta manajemen operasionalnya juga bakal lebih taktis kalau bisa memanfaatkan data dengan baik.

3. Jurusan Komputer

Bidang e-commerce dan industri berbasis digital lainnya menggunakan sistem komputerisasi yang disusun dengan bahasa pemrograman.

Buat memahami semua hal tersebut, tidak ada jurusan kuliah lain yang paling pas selain Jurusan Ilmu Komputer. Jika kamu memilih Jurusan Komputer, kamu bakal lebih memahami soal bahasa pemrograman.

Baca juga: 10 Kampus Favorit Pendaftar Beasiswa LPDP, Ada Incaranmu?

Itulah 3 jurusan kuliah untuk berkarier di bidang e-commerce. Calon mahasiswa yang ingin berkarier di bidang e-commerce bisa memilih salah satu dari jurusan kuliah tersebut saat mengikuti Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com