Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Jurusan Kuliah Paling Sulit, Ada Fisika Murni hingga Informatika

Kompas.com - 28/12/2023, 15:50 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada banyak jurusan kuliah di perguruan tinggi, namun beberapa diantaranya dikenal sebagai jurusan kuliah kuliah paling sulit.

Dikatakan jurusan kuliah paling sulit karena mata kuliahnya yang sulit hingga banyak praktikum yang harus diikuti.

Mahasiswa yang memilih jurusan kuliah paling sulit ini biasanya memang sudah menyukai bidang tersebut dan punya otak yang encer.

Meski dikenal sebagai jurusan kuliah paling sulit, namun prospek kerjanya cukup bagus. Dilansir dari Kompas.com, menjelaskan beberapa jurusan kuliah paling sulit.

Baca juga: 5 Tips Dapat IPK Tinggi Saat Kuliah, Mahasiswa Cek

7 jurusan kuliah paling sulit

1. Kedokteran

Jurusan kuliah paling sulit tapi tetap banyak peminatnya adalah Jurusan Kedokteran. Selain proses perkuliahan yang sulit, untuk masuk dan lulus dari Jurusan Kedokteran juga butuh proses panjang. 

2. Astronomi

Astronomi juga masuk dalam daftar jurusan kuliah paling sulit. Jurusan Astronomi di Indonesia hanya ada di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Mahasiswa Astronomi akan mempelajari mengenai keberadaan awan, planet, bebatuan, bintang, dan hal-hal lainnya.

Jika ingin masuk jurusan Astronomi, calon mahasiswa perlu memiliki minat pada kalkulus, matematika, hingga software.

3. Ilmu Matematika

Jurusan kuliah Ilmu Matematika juga masuk dalam deretan jurusan kuliah paling sulit. Terlebih bagi siswa yang tidak suka berhitung, tentu akan menghindari jurusan kuliah ini.

Meski jadi jurusan kuliah paling sulit, namun prospek kerja lulusan Ilmu Matematika sangat menjanjikan. Kamu bisa berpeluang menjadi seorang Auditor, Data Analyst, Aktuaris, bekerja di perusahaan perbankan, Engineer, dan lain sebagainya

4. Statistika

Menjadi turunan dari matematika, Jurusan Statistika mengharuskan mahasiswanya berkutat dengan tabulasi dari data.

Meski menjadi jurusan kuliah paling sulit, lulusan statistika sangat dibutuhkan karena kemampuannya dalam mengolah dan menyajikan data dalam bentuk analisa yang berguna bagi kemajuan dan perencanaan di masa depan.

Baca juga: Syarat Tinggi Badan untuk Daftar Politeknik Milik Kemenkumham 2024

5. Ilmu Fisika Murni

Meski menjadi salah satu jurusan kuliah paling sulit, prospek kerja lulusan Fisika Murni sangat terbuka lebar. Kamu bisa bekerja di bidang perminyakan dan pertambangan, industri manufaktur dan industri telekomunikasi, institusi riset dan pengembangan, institusi pendidikan.

Selain itu lulusan Jurusan Fisika Murni juga bisa menjadi seorang ilmuwan, pegawai negeri sipil (PNS) dan perusahaan BUMN hingga bekerja di perusahaan energi.

6. Teknik Informatika

Teknik Informatika juga menjadi jurusan kuliah paling sulit namun juga termasuk salah satu jurusan favorit calon mahasiswa.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com